This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Ayam Hainam yang Menggugah Selera

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Catherine Marsh

Nasi Ayam Hainam
Nasi Ayam Hainam

Anda sedang mencari ide resep nasi ayam hainam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainam yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam hainam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi ayam hainam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi ayam hainam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Hainam menggunakan 26 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Ayam Hainam:
  1. Sediakan Bahan kaldu
  2. Siapkan 1 ekor ayam kampung
  3. Siapkan saya pake 500 g dada ayam biasa
  4. Gunakan 2,5 L air saya pke 1,5 L krna ayam biasa
  5. Sediakan 2 ruas jempol jahe (kupas geprek)
  6. Ambil 10 siung bawang putih
  7. Sediakan Bahan beras
  8. Siapkan 4 cup beras cuci bersih
  9. Gunakan Secukupnya air kaldu ayam
  10. Ambil 1 sdm margarin
  11. Siapkan 2 sdm minyak wijen
  12. Gunakan 5 siung bawang putih (cincang halus)
  13. Sediakan 3 cm jahe (cincang halus)
  14. Gunakan 2 sdm kecap manis
  15. Gunakan 2 sdm kecap asin
  16. Gunakan Secukupnya garam,lada,kaldu jamur, lada
  17. Siapkan Bahan sop
  18. Sediakan Secukupnya sisa air kaldu ayam
  19. Siapkan 1 btg seledri (simpulkan)
  20. Siapkan Secukupnya sawi dan tahu
  21. Gunakan Secukupnya, kaldu jamur, garam,gula,lada
  22. Sediakan Bahan sambal jahe
  23. Sediakan 20 bh cabe merah
  24. Siapkan 3 cm jahe
  25. Sediakan 300 ml air
  26. Ambil Secukupnya garam dan gula

Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Ayam Hainam:
  1. Rebus ayam jahe dan bawang putih, rebus kurang lebih 30 menit sampai ayam matang dan kaldu keluar
  2. Setelah ayam matang dan kaldunya keluar buang busa yg kluar di air, angkat ayam potong2 ayam dan sisihkan
  3. Tumis bawang putih dan jahe dengan margarin dan minyak wijen sampai harum, lalu masukan beras tumis beras sebentar, lalu masukan ke dalam rice cooker, tambahkan kaldu ayam secukupnya kalo saya masih pke cara jadul pke jari cara ngukur air nya 😁, lalu tambahan garam, kecap manis, kecap asin, kaldu jamur tes rasa, jika sudah pas masak nasi
  4. Masak kembali sisa air kaldu untuk sop, buang jahe dan bawang putih sisa rebusan masukan daun seledri tahu, garam, gula, kaldu, lada tes rasa setelah mendidih masukan sawi sbntr smpai layu lalu angkat
  5. Haluskan cabe dan jahe lalu masak dengan air, beri gula garam test rasa jika masak sampai air menyusut atau sesuai selera angkat
  6. Nasi ayam Hainam siap di hidangkan, taburkan bawang putih goreng lebih nikmat, selamat mencoba jangan lupa recook ya dan tulis komen setelah mencoba resep ini 😘

Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend. Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak. Cari resep yang gak ribet dan cepat jadi, ini salah satunya 😄 Buat sahur atau buka puasa juga oke ini, krn sdh lengkap ada nasi dan ada ayamnya juga, sekali jalan membuatnya. #SiapRamadan #AhlinyaAyam #berburucelemekemas #Serbaserbiayam. Karena rasanya gurih, gurihnya itu karena kaldu ayam asli. Masakan ini cocok sekali untuk hidangan kalau ada teman atau keluarga yang datang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on