This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Kebuli Ayam (Resep Asli Arab), Bikin Ngiler

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Luke Dean

Nasi Kebuli Ayam (Resep Asli Arab)
Nasi Kebuli Ayam (Resep Asli Arab)

Lagi mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam (resep asli arab) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam (resep asli arab) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat/memasak nasi kebuli ayam khas arab asli dan lengkap Bahan Utama Nasi Kebuli Ayam. Source: Dian Sofia A Sebenarnya cara masaknya ngga ribet, tapi bumbu rempahnya aja yang harus komplit agar rasanya seperti nasi kebuli asli dari arab🤭 Pertama kali masak dg menggunakan beras basmati, ternyata berasnya babar banget😁 Jadinya dipuas²in. Resep nasi kebuli ayam, praktis dan asli khas arab.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam (resep asli arab), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli ayam (resep asli arab) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kebuli ayam (resep asli arab) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli Ayam (Resep Asli Arab) memakai 22 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Kebuli Ayam (Resep Asli Arab):
  1. Gunakan 1 kg ayam
  2. Siapkan 5 cup beras basmati, rendam 1 jam
  3. Gunakan 9 siung bawang putih, iris halus
  4. Gunakan 3 bh bawang bombay, cincang
  5. Gunakan 3 sdm minyak samin
  6. Gunakan 3 sdm margarin
  7. Gunakan 1 btg kayu manis
  8. Sediakan 2 sdm kismis
  9. Sediakan Secukupnya air
  10. Gunakan Secukupnya garam
  11. Sediakan Bumbu:
  12. Ambil 2 sdm jinten
  13. Siapkan 3 sdm ketumbar
  14. Gunakan 1 sdm kapulaga, ambil bijinya
  15. Ambil 1 biji pala
  16. Ambil 1 sdt merica bubuk
  17. Gunakan 1 sdt cengkeh
  18. Siapkan 2 sdt kunyit bubuk
  19. Sediakan Bahan Pelengkap:
  20. Ambil Jalatoh (acar nasi kebuli) (lihat resep)
  21. Siapkan Krupuk emping melinjo
  22. Ambil Bawang goreng

Nasi kebuli asli menggunakan bahan campuran daging kambing. Namun saat ini ada juga resep nasi kebuli ayam. Bagi yang lanjut usia tentunya lebih pas dengan nasi kebuli ayam. Nasi kebuli dimasak dengan menggunakan daging kambing, kaldu kambing dan.

Cara membuat Nasi Kebuli Ayam (Resep Asli Arab):
  1. Didihkan air. Rebus ayam sampai mendidih, ambili kotoran putih yg mengambang diatasnya. Matikan api. Siapkan bahan bumbu. Sangrai bahan bumbu (kecuali merica bubuk dan kunyit bubuk) sampai harum.
  2. Haluskan bumbu (bisa di ulek/blender) sampai halus.
  3. Panasakan margarin dan minyak samin. Tumis bawang putih dan bombay sampai layu.
  4. Masukkan bumbu halus dan kayu manis. Tumis sampai berbau harum.
  5. Masukkan ayam dan air rebusannya. Beri garam, aduk² sampai tercampur rata. Catatan: kuah harus berasa lebih asin, krn nanti akan dibuat utk memasak nasi. Jika ayam sdh empuk dan bumbu meresap, angkat dan tiriskan. Matikan api.
  6. Cuci bersih beras basmati yg sdh direndam. Masukkan dalam panci, tuangi air/kuah ayam (Masak sesuai takaran biasanya, jika dirasa kurang bisa ditambahkan air biasa). Masukkan kismis. Aduk rata. Masak sampai air menyusut (ini yg dinamakan nasi aron), matikan api. Diamkan sekitar 30 mnt-1 jam. Panaskan dandang, kukus nasi sampai matang (me: sekitar 30 mnt).
  7. Sajikan nasi kebuli bersama pelengkapnya👌😋 Mantulllll,,,,,,🤤

Nasi kebuli adalah sajian khas Indonesia yang mendapatkan pengaruh budaya dari Arab. Jika versi asli nasi kebuli menggunakan daging domba atau kambing, anda juga bisa menggantinya dengan ayam. Soal rasa tak kalah nikmat dengan resep praktis berikut. Lihat juga resep Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) enak lainnya. Resep Nasi kebuli resep asli bukan KW.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam (Resep Asli Arab) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on