This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi ayam hainan Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Bessie Arnold

Nasi ayam hainan
Nasi ayam hainan

Sedang mencari ide resep nasi ayam hainan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi ayam hainan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Nasi ayam hainan memakai 39 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi ayam hainan:
  1. Gunakan Bahan A (bumbu halus)
  2. Gunakan 10 siung bawang putih
  3. Sediakan 10 cm jahe
  4. Siapkan Bahan B Ayam(direbus)
  5. Gunakan 1 ekor ayam
  6. Ambil 5 helai Daun bawang
  7. Ambil 2 sdt garam / secukupnya
  8. Sediakan 1 sdm minyak wijen
  9. Gunakan 1 sdm bahan A bumbu halus
  10. Sediakan Bahan C (Saus marinasi)
  11. Sediakan 4 sdm brown sugar
  12. Siapkan 4 sdm madu
  13. Siapkan 1 sdm minyak wijen
  14. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  15. Siapkan 1 sdt garam
  16. Ambil 1 sdt kecap asin
  17. Siapkan 1 sdt bahan A (bumbu halus)
  18. Siapkan Campurkan semua bahan menjadi kesatuan yg utuh. 😁
  19. Sediakan Bahan D (Nasi hainan)
  20. Ambil 600 gram beras (cuci bersih)
  21. Sediakan 4 helai daun pandan
  22. Gunakan 2 sdm Bahan A (bumbu halus) tumis terdahalu sampai harum
  23. Gunakan 1 sdm minyak wijen
  24. Sediakan 2 sdt garam(secukupnya)
  25. Sediakan Air kaldu rebusan ayam sesuai takaran beras
  26. Sediakan Bahan E (kuah kaldu)
  27. Ambil 2 sdm bahan A (bumbu halus) tumis sampai harum tambahkan kulit ayam atau tambahkan sisa kaldu bahan B
  28. Siapkan 2 liter air
  29. Ambil 3 tangkai daun bawang
  30. Siapkan secukupnya Garam
  31. Ambil 1 sdm minyak wijen
  32. Ambil Bahan f (sambal merah ayam hainan)
  33. Siapkan 9 cabe merah
  34. Sediakan 9 cabe rawit merah
  35. Siapkan Rebus dan blender
  36. Ambil 1 sdt bahan A (bumbu halus)
  37. Siapkan 1 sdt cuka
  38. Ambil 1 sdt garam
  39. Siapkan Campurkan dengan kuah kaldu bahan B

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Cara membuat Nasi ayam hainan:
  1. Cuci bersih ayam… tiriskan peraskan jeruk nipis/ lemon.. lumuri garam,dan minyak wijen dan bahan A (bumbu halus) rebus ayam yg sudah dibumbui tadi. Ayamnya boleh dpotong atau buat 1 ekor utuh tergantung selera. Selama 20 menit. Tiriskan lalu lumuri ayam dengan bahan C dengan kuas. Di diamkan kurang lebih 1 jam agar meresap kedalam ayamnya.
  2. Setelah 1 jam masukkan ayam ke dalam oven. Temperatur 200, pakai yg panas atas saja. selama 20 menit. Jika ingin ayamnya bewarna bagus bisa dioles sampai 2x dikeluarkan dari open dan masukkan kembali
  3. Cuci beras sampai bersih tiris, tumis bahan A, masukkan kulit ayam jika ada, masukkan beras, 1 sdt garam, 1 sdm minyak wijen. Selama 2 menit, lalu masukkan ke dalam rice cooker. Dan tambahkan air kaldu ayam bahan B. Sesuai takaran berasnya ya.
  4. Sambal ayam hainan rebus cabai blender lalu tambahkan dan campurkan. Bahan A dan kuah kaldu ayam Bahan B

Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi ayam hainan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on