This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Hainan Ayam Panggang Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Harry Campbell

Nasi Hainan Ayam Panggang
Nasi Hainan Ayam Panggang

Lagi mencari ide resep nasi hainan ayam panggang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi hainan ayam panggang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi hainan ayam panggang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi hainan ayam panggang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikutnya teman-teman bisa membuat resep nasi hainan ayam panggang spesial. Untuk camilan atau makanan penutup bisa dicoba resep puding sederhana dan enak ya. Nasi Hainan Ayam Panggang Ala Kongbap Udah lama suami minta di buatin Nasi Hainan.tapi aku selalu sibuk masak menu Jawa dll.jadi lupa terus.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi hainan ayam panggang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Hainan Ayam Panggang menggunakan 22 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Hainan Ayam Panggang:
  1. Siapkan Bahan rebusan kuah:
  2. Sediakan 1.200 ml air
  3. Sediakan 1/2 ekor ayam kampung
  4. Gunakan 1 batang daun bawang (potong kasar)
  5. Sediakan 1 batang seledri (potong kasar)
  6. Ambil 1 sdt garam
  7. Ambil 1/2 sdt gula
  8. Ambil 1 sdt minyak wijen
  9. Siapkan 1/4 sdt merica bubuk
  10. Siapkan 1 cm jahe (digeprek)
  11. Sediakan 3 siung bawang putih (digeprek)
  12. Gunakan Bumbu marinasi ayam panggang:
  13. Gunakan 1,5 sdm gula merah bubuk (gula merah biasa dihaluskan jg boleh)
  14. Gunakan 1 sdm saus tiram
  15. Sediakan 2 sdm madu
  16. Siapkan 1/2 sdt bawang putih bubuk (1 siung bawang putih haluskan jg boleh)
  17. Siapkan Bahan nasi hainan:
  18. Ambil 250 gr beras
  19. Siapkan 1/2 cm jahe (digeprek)
  20. Sediakan 2 siung bawang putih (cincang halus)
  21. Sediakan 1 sdt kecap asin
  22. Siapkan Sedikit minyak untuk menumis

Nasi hainan merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China. Nah kali ini kita bakal memasak nasi hainam ayam panggang spesial yang bisa kamu coba. Lihat juga resep Nasi Hainan Ayam Panggang (rice cooker) enak lainnya. Product/Service Set nasi hainam ayam panggang n rebus Winny Kusuma Bandung.

Langkah-langkah membuat Nasi Hainan Ayam Panggang:
  1. Rebus ayam dan semua bahan rebusan kuah sampai ayam matang dan keluar kaldunya (aku 40 menit). Apinya kecil saja supaya air tidak kering. Setelah matang angkat dan pisahkan ayam. Lalu tiriskan. Saring kuah kaldu rebusan untuk memasak nasi. Sisanya bisa untuk kuah.
  2. Campur semua bahan marinasi ayam panggang. Lalu oleskan ke seluruh permukaan ayam. Masukkan ke kulkas selama 30 menit supaya bumbu lbh menempel pada ayam.
  3. Sambil menunggu ayam di kulkas, kita siapkan nasi hainan. Panaskan minyak sedikit, lalu tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Lalu tambahkan beras dan kecap asin. Aduk rata dan tumis sekitar 5 menit. Lalu matikan api. Masak nasi dengan air kaldu rebusan ayam pada no.1. Banyak air sama seperti memasak nasi putih biasa (sesuaikan beras masing” untuk airnya).
  4. Setelah 30 menit, keluarkan ayam dari kulkas. Lalu olesi sekali lg dengan bumbu marinasi lalu oven 200 c api atas. Kemudian balik ayamnya. Oven kembali 20 menit (sesuaikan oven masing” hingga ayam kecoklatan). Angkat. Potong sesuai selera.
  5. Nasi hainan siap disajikan bersama ayam panggang dan pelengkap seperti telur, timun, atau tomat.

Cuci bersih beras, masak dan masukkan semua bahan. Nasi Hainan Ayam Panggang. foto: Instagram/@medaarsad. Dede menyebutkan ada bumbu rahasia tambahan yang ditambahkan untuk nasi hainan, ayam rebus, dan ayam panggang. Anak-anak dan suami saya cukup gemarkan resepi nasi ayam hainan. Tulah ayam yang direbus bukan goreng atau panggang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi hainan ayam panggang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on