This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi kebuli daging sapi(ayam), Bikin Ngiler

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Amanda Dunn

Nasi kebuli daging sapi(ayam)
Nasi kebuli daging sapi(ayam)

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli daging sapi(ayam) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli daging sapi(ayam) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Angkat dari rebusan apabila bumbu sudah merasuk, dan daging sudah empuk. Nasi dimasak tanpa daging apapun di dalamnya. Ketika menghidangkan, tinggal goreng ato bakar daging yg ditiriskan tadi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli daging sapi(ayam), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi kebuli daging sapi(ayam) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi kebuli daging sapi(ayam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Nasi kebuli daging sapi(ayam) memakai 19 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi kebuli daging sapi(ayam):
  1. Gunakan 500 gr basmati (beras india)/ beras lokal
  2. Ambil 400 gr daging sapi
  3. Siapkan 400 gr ayam (untuk tambahan lauk terpisah)
  4. Sediakan 1 butir bawang bombay
  5. Sediakan 4-5 buah tomat ukuran sedang
  6. Siapkan 6 siung bawang merah
  7. Sediakan 4 siung bawang putih
  8. Gunakan 3 sdm bumbu kare instan
  9. Gunakan 7 buah cabe keriting hijau
  10. Gunakan 4 cm kayu manis potong 2 bagian
  11. Sediakan 3-4 butir cengkeh
  12. Gunakan secukupnya Kismis
  13. Ambil secukupnya Minyak samin (saya pakai 4 sdm)
  14. Siapkan secukupnya Garam
  15. Siapkan Jeruk nipis
  16. Ambil Margarin secukupnya utk menumis
  17. Ambil Air secukupnya (sesuai kebutuhan berasnya)
  18. Sediakan Bawang merah goreng utk taburan
  19. Ambil Acar mentimun + wortel (saya tdk pakai)

Ada yang mengganti daging kambing dengan daging sapi dan ada pula yang menggantinya dengan daging ayam. Berikut resep nasi kebuli ayam untuk kamu yang tak suka daging kambing. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar , jinten, kunyit dan jahe menggunakan cobek ataupun mesin penghalus. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap.

Cara membuat Nasi kebuli daging sapi(ayam):
  1. Siapkan bahan - Cuci bersih beras, rendam -+ 15 smp 20 menit. - Cuci bersih ayam dan daging potong2 sesuai selera. Beri perasan jeruk nipis, diamkan sesaat, cuci kembali. - Ayam saya potong jadi 4 bagian. - Daging saya potong dadu kecil2.
  2. Bawang bombay dan tomat potong kecil2. - Bawang merah dan bawang putih iris tipis. - (Bumbu ini bisa juga dihaluskan ato diblender)
  3. Lelehkan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah, kemudian menyusul tomat. Tumis sampai semua layu. Masukkan daging dan ayam. Tambahkan air (saya pakai -+1.5 liter), bumbu kare, kayu manis, cengkeh, garam. Aduk semua sampai rata. Masak sampe ayam dan daging empuk (gunakan api kecil). Kemudian saya angkat ayam dan sisihkan.
  4. Setelah daging empuk masukkan beras yg sudah direndam tadi. Aduk sampe semua beras terendam dalam air. Rebus sampai air habis (aron). Matikan api.
  5. Siapkan panci pengukus. Kukus nasi aron tadi, tambahkan cabe keriting hijau. Masak sampai matang, Angkat, tambahkan minyak samin+kismis. Aduk perlahan sampai tercampur rata. Hidangkan dengan taburan bawang merah goreng dan juga acar mentimun wortel.
  6. Bakar ato goreng ayam apabila ingin tambahan lauk.
  7. Tips. - Apabila ingin membuat nasi kebuli dengan lauk terpisah, potong2 daging dg ukuran besar(spt rendang). Angkat dari rebusan apabila bumbu sudah merasuk, dan daging sudah empuk. Nasi dimasak tanpa daging apapun di dalamnya. - Ketika menghidangkan, tinggal goreng ato bakar daging yg ditiriskan tadi.

Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba. Semua rasanya sangat enak dan menggoda. Kali ini resepkuerenyah akan sajikan resep nasi kebuli ayam yang enak dan. Sajikan nasi kebuli ayam dengan taburan bawang goreng dan daun bawang. Lihat juga resep Nasi kebuli daging sapi(ayam) enak lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi kebuli daging sapi(ayam) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on