This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Hainam chicken rice yang Sempurna

 ·  β˜• 2 menit waktu baca  ·  ✍️ Ada Kennedy

Hainam chicken rice
Hainam chicken rice

Sedang mencari ide resep hainam chicken rice yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal hainam chicken rice yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

While the rice is cooking, carve the chicken for serving. Make the chili sauce: combine the sambal, Sriracha, sugar, garlic, ginger, lime juice, and chicken broth in a small bowl and stir to incorporate. Make the Chicken and Rice: Bring a large pot of salted water to a boil (enough water to immerse the chicken).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari hainam chicken rice, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan hainam chicken rice enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah hainam chicken rice yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Hainam chicken rice menggunakan 19 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Hainam chicken rice:
  1. Sediakan Kaldu ayam:
  2. Sediakan 1 ekor ayam kampung
  3. Sediakan 2 batang daun bawang besar
  4. Sediakan 4 cm jahe (sy pake merah) iris
  5. Siapkan 3/4 panci sedang air (gk ngukur brp liter)
  6. Sediakan 1 sdm garam
  7. Siapkan 2/3 sdm kaldu jamur
  8. Ambil 1/2 sdm gula pasir
  9. Siapkan Minyak bawang:
  10. Siapkan 6 sdm minyak sayur
  11. Ambil 1 sdm minyak wijen
  12. Sediakan 4 siung bawang putih cincang halus
  13. Ambil 2 cm jahe iris tipis memanjang
  14. Ambil Sedikit kecap asin
  15. Sediakan Nasi hainam:
  16. Siapkan 2 cup Beras
  17. Siapkan Garnish:
  18. Sediakan 2 buah Timun
  19. Gunakan Kecap asin diberi potongan rawit dan bawang putih goreng

By tradition, Hainanese chicken rice consists of four elements: the chicken, the rice cooked in chicken broth, the broth served as a soup, and the dipping sauce or sauces. Hainanese Chicken Rice (桷南鸑) originated–perhaps unsurprisingly–in Hainan, China, a tropical island located at the southern tip of the country. In recent years, it has become one of the top tourist destinations in China, probably due at least in part to the abundance of delicious plates of Hainanese chicken rice. Besides all the recognition received across the globe, serving Hainanese chicken rice is deceptively simple.

Cara membuat Hainam chicken rice:
  1. 1 ekor ayam diberi garam dibalur rata dlm dan luarnya, diamkan sebentar lalu bilas
  2. Rebus air hingga mendidih, masukan daun bawang yg sudah dipotong (sy agak panjang) dan jahe selama 3 menit. Lalu masukan ayam. Biarkan sebentar
  3. Beri tmbahan garam kaldu dan gula. Aduk dan cicipi rasa. Lalu diamkan lagi hingga ayam matang
  4. Setelah ayam matang, matikan kompor dan angkat ayam (sy potong2 lalu taruh di piring)
  5. Panaskan minyak, masukan bawang putih dan jahe aduk2 hingga bawang keemasan. Angkat dan tiriskan
  6. Cuci beras dan taruh di rice cooker. Tuang air kaldu rebusan ayam ke dalam rice cooker utk merebus nasi. Tambahkan 1/2 minyak bawang ke dalam rice cooker. Aduk rata dan masak nasi.
  7. Sisa minyak bawang sy beri sedikit kecap asin, lalu dibalurkan ke atas potongan ayam. Beserta bawang2nya biar ayam wangi
  8. Setelah nasi matang, cetak dengan mangkok dan letakan di piring. Beri potongan timun dan ayam. Sajikan dg kuah kaldu dan kecap asin rawit
  9. Nasi hainam siap disajikan

The chicken is poached in sub-boiling temperature, serve with chili sauce and ginger-garlic sauce, and with flavored rice. You just need to be armed with the right techniques to prepare succulent chicken with soft golden yellow skin, well flavoured chicken rice and most importantly, the chicken rice sauces. Accompanying the dish are sauces like soy sauce and chilli sauce to enhance the taste. Hainan chicken rice is arguably one of the most popular dish in south east Asia. Originated from Hainan island south eastern of China and has gain overwhelming popularity in neighboring countries such as Vietnam Thailand Malaysia and Singapore.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Hainam chicken rice yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on