This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Ayam Hainan Termudah Anti Gagal

 ·  ☕ 2 menit waktu baca  ·  ✍️ Landon Robinson

Nasi Ayam Hainan Termudah
Nasi Ayam Hainan Termudah

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainan termudah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi ayam hainan termudah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan termudah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi ayam hainan termudah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Didihkan air, masukkan sisa bumbu ke dalam air. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi ayam hainan termudah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi Ayam Hainan Termudah memakai 24 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Ayam Hainan Termudah:
  1. Ambil Bahan Ayam Presto=
  2. Sediakan 1 Ekor Ayam Kampung
  3. Sediakan 2 L Air
  4. Gunakan 1 Daun Bawang potong 10cm
  5. Gunakan 2 sdm Kecap Asin
  6. Ambil 2 Ruas Jahe iris
  7. Gunakan 3 Siung Bawang Putih di geprek
  8. Sediakan 4 Siung Bawang Merah di rajang
  9. Siapkan 1/2 Bawang Putih di potong panjang
  10. Gunakan Bahan Nasi Hainan=
  11. Gunakan 1 Cup Beras
  12. Sediakan 3 Daun Pandan di ikat
  13. Siapkan 4 Siung Bawang Putih utuh
  14. Gunakan 3 Siung Bawang Merah utuh
  15. Sediakan 1 Ruas Jahe iris
  16. Gunakan 1 sdm Minyak Wijen
  17. Ambil Secukupnya Kaldu Ayam dari Presto Ayam
  18. Ambil Bahan Cabe=
  19. Siapkan 3 Cabe Rawit di iris
  20. Gunakan 1 sdm Kecap Asin
  21. Sediakan 1 sdt Minyak Wijen
  22. Sediakan 1 sdm Kuah Kaldu Ayam
  23. Siapkan Topping=
  24. Siapkan Bawang Putih Goreng di remas

Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Nasi ayam hainan merupakan salah satu makanan khas dari Singapore. Cocok sekali disajikan ketika keluarga besar sedang berkunjung ke rumah. Biasanya nasi ayam hainan dijual di tempat-tempat makan atau restauran bernuansa Chinese.

Cara membuat Nasi Ayam Hainan Termudah:
  1. Siapkan semua bahan. Masukan Bahan Ayam kedalam panci presto, lalu masak sekitar 30 menit.
  2. Siapkan bahan untuk cabe dan nasi Hainan. Kita buat cabe dulu yang gampang dan cepat, masukan cabe iris ke mangkok dan campur dengan kecap asin, minyak wijen dan kuah kaldu.
  3. Nasi Hainan= Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi, masukkan beras bersih dan tumis sekitar 2 menit. Masukan daun pandan dan tambah air sedikit supaya tidak gosong. Masukkan minyak wijen agar wangi.
  4. Pindahkan ke rice cooker, tambahkan air kaldu ayam secukupnya seperti mau masak nasi biasa. Lalu masak higgga nasi matang.
  5. Siapkan air es, tiriskan ayam yang sudah selesai di presto dan masukkan ke air es maksimal 10 detik untuk menghentikan proses masak. Lakukan untuk semua ayam.
  6. Tata di piring, lalu olesi dengan bahan Cabe yang sudah di buat sebelumnya. Lalu taburi dengan bawang putih goreng, ini bisa di skip kalau ga mau. Ayam Hainan siap disajikan. Enjoy :)

Tetapi makanan yang satu ini sudah tidak lagi hanya dinikmati oleh orang keturunan Tionghoa saja. Berikut ini adalah beberapa resep dan cara membuat nasi ayam Hainan yang dapat Anda ikuti langkah-langkahnya. Nasi ayam Hainam (Hanzi: 文昌雞, hanyu pinyin: wénchāngjī) merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China. Nasi ayam Hainam yang dinamakan demikian karena berasal dari tradisi seni memasak Hainan dan penerapannya oleh populasi orang Tionghoa perantauan suku Hainan. Berdasarkan sejarahnya resep nasi ayam hainan biasanya tersaji di tempat-tempat makan atau restoran chinese food.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Ayam Hainan Termudah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on