This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Praktis Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Anne Barnett

Nasi Kebuli Ayam Praktis
Nasi Kebuli Ayam Praktis

Lagi mencari ide resep nasi kebuli ayam praktis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam praktis yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam praktis, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam praktis enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Jakarta - Bicara soal masakan khas Timur Tengah, nasi kebuli jadi salah satu yang cukup populer. Nasi kebuli terkenal dengan ciri khasnya yang kaya akan rempah. Biasanya, nasi kebuli dimasak dengan menggunakan daging, kaldu, dan juga susu kambing.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi kebuli ayam praktis sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Praktis memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Praktis:
  1. Ambil 5 cup beras
  2. Sediakan 6 cup air, bisa dikurangi kalo ingin pera
  3. Gunakan 500 gr ayam fillet, potonh dadu
  4. Sediakan 1 buah bawah bombay, potong dadu
  5. Ambil 6 siung bawang putih, cincang kasar
  6. Sediakan 1 buah tomat, potong dadu
  7. Sediakan 2 bks bumbu gulai instant
  8. Ambil 2 lembar daun salam
  9. Gunakan 1 batang sereh, geprek
  10. Sediakan 4 lembar daun jeruk
  11. Ambil 2 sdm minyak samin u/ menumis
  12. Ambil 1 gelas air
  13. Gunakan secukupnya garam
  14. Ambil Pelengkap
  15. Gunakan Acar timun wortel nanas (lihat resep)
  16. Ambil Emping (dirumah lg ga ada stok)

Nasi kebuli adalah sajian khas Indonesia yang mendapatkan pengaruh budaya dari Arab. Jika versi asli nasi kebuli menggunakan daging domba atau kambing, anda juga bisa menggantinya dengan ayam. Soal rasa tak kalah nikmat dengan resep praktis berikut. Bagi kamu pecinta nasi gurih pasti sudah tidak asing dengan nasi kebuli.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Praktis:
  1. Siapkan bahan2 yang sudah dipotong dan bahan lainnya
  2. Panaskan minyak samin, tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan bawang bombay tumis hingga layu dan harum
  3. Masukkan irisan tomat, aduk hingga rata, tambahkan bumbu gulai dan ayam
  4. Masukkan daun salam, sereh, daun jeruk dan garam, aduk hingga ayam berubah warna, tambahkan 1 gelas air, masak hingg ayam empuk dan air menyusut, ambil ayam dan sisihkan
  5. Goreng ayam yang sudah dipisahkan tadi. Tuang sisa bumbu tadi pindahkan kedalam panci dan tambahkan 6 cup air, masak hingga mendidih
  6. Cuci bersih dan masukkan beras kedalam air bumbu yg sudah mendidih, masak hingga air menyusut dan menyerap ke dalam beras dengan api kecil, matikan api tutup panci beras dan diamkan hingga menjadi aronan
  7. Panaskan kukusan dan kukus aronan nasi kebuli hingga matang, angkat dan sajikan dengan ayam yang sudah digoreng beserta dengan acar dan emping.

Yaps, nasi kebuli menjadi salah satu kuliner dari negara Afganistan yang disukai orang Indonesia. Selain punya cita rasa yang khas kuliner satu ini juga nikmat disantap saat momen idul Adha maupun buka puasa. Nasi kebuli kerap dimasak dengan daging kambing, namun bisa dikreasikan dengan mengganti daging ayam atau sapi. Cara membuat nasi kebuli termasuk praktis dengan bahan dasar yang mudah dijumpai. Sehingga tak perlu repot mengeluarkan kocek mahal untuk menikmati di restoran.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam praktis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on