This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Hainan Ati Ampela yang Enak Banget

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Ophelia Cole

Nasi Hainan Ati Ampela
Nasi Hainan Ati Ampela

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi hainan ati ampela yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi hainan ati ampela yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi Hainan dinikmati dengan ayam rebus, ati ampela, telur, cakwe atau udang bumbu pedas. Semua disajikan dengan asapnya masih mengepul, sekali coba masakan disini pasti kamu langsung ketagihan deh. Sumber foto : Instagram/inkowhowtoeat Resep Nasi Bakar ati ampela.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi hainan ati ampela, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi hainan ati ampela yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi hainan ati ampela sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Hainan Ati Ampela menggunakan 12 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Hainan Ati Ampela:
  1. Sediakan 4 cup beras
  2. Ambil 5 pasang ati ampela
  3. Gunakan 1 batang daun bawang, potong 1/2 cm
  4. Ambil 4 siung bawang putih, cincang halus
  5. Ambil 1 cm jahe, iris tipis seperti korek api
  6. Ambil 1 sachet saos tiram
  7. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk
  8. Gunakan secukupnya kaldu instant
  9. Ambil secukupnya garam
  10. Gunakan 1 1/2 sdm tepung tapioka
  11. Siapkan secukupnya minyak goreng
  12. Siapkan secukupnya air

Tinggal masukin bahan-bahan, cetekin majic com, ditinggal ngerjain kerjaan lain, tahu-tahu mateng deh. Lihat juga resep Krengsengan Ati Ampela enak lainnya. Nasi bakar adalah nasi dengan bumbu rempah yang dibungkus daun pisang dan dibakar, sehingga aromanya harum sekali dan rasanya gurih. Banyak variasi isian untuk nasi bakar, tak terkecuali isian ati ampela.

Cara menyiapkan Nasi Hainan Ati Ampela:
  1. Dalam wadah campur ati ampela, saos tiram, merica bubuk, garam, kaldu instant jahe dan tepung tapioka. Aduk rata dan diamkan kira-kira 30 menit dan sisihkan.
  2. Cuci beras dalam mangkok rice cooker hingga bersih lalu tiriskan. Kemudian tambahkan air secukupnya seperti memasak nasi seperti biasanya.
  3. Tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kuning keemasan. Setelah itu masukkan tumisan bawang putih tadi kedalam beras.
  4. Kemudian masukkan ati ampela yang sudah dimarinasi tadi. Jangan diaduk, agar nasi bisa matang secara merata.
  5. Masukkan mangkok rice cooker lalu tutup. Kemudian klik tombol ke posisi cook. Tunggu hingga tombol berubah ke posisi warm.
  6. Setelah nasi matang, masukkan irisan daun bawang lalu aduk rata.
  7. Tata nasi hangat di atas piring saji, letakkan ati ampela diatasnya dan taburi dengan bawang goreng.

Selain disandingkan dengan nasi hangat, ati ampela sangat cocok jadi isian nasi bakar. Coba buat nasi goreng hati ampela dijamin enak! Pertama goreng kering hati ampela, tiriskan. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah besar, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, cabe hijau, jahe, lengkuas, dan daun salam hingga harum.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Hainan Ati Ampela yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on