This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Ayam Hainan yang Sempurna

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Andre Hubbard

Nasi Ayam Hainan
Nasi Ayam Hainan

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi ayam hainan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi ayam hainan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi ayam hainan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Hainan memakai 20 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Ayam Hainan:
  1. Sediakan Kuah Kaldu
  2. Ambil 1 batang daun bawang
  3. Sediakan 1 buah bawang bombay
  4. Siapkan 1,5 ruas jahe
  5. Siapkan 4 siung bawang putih
  6. Ambil 3 lembar daun sop
  7. Siapkan Penyedap rasa
  8. Ambil secukupnya Air
  9. Ambil Bumbu Nasi
  10. Gunakan 3 siung bawang putih
  11. Siapkan 4 siung bawang merah
  12. Sediakan 3 lembar daun pandan
  13. Siapkan 1 ruas jahe
  14. Gunakan 2 lembar daun sop
  15. Gunakan Bahan Cabe
  16. Gunakan 8 buah cabe merah setan
  17. Ambil 1 siung bawang putih
  18. Siapkan 1/2 gelas air kaldu
  19. Sediakan Gula
  20. Gunakan Penyedap rasa

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Ayam Hainan:
  1. Siapkan telebih dahulu bahan untuk membuat rebusa kaldu
  2. Ptong daun bawang sebesar 2 ruas jari, daun bombay ptong2 tidak terlalu besar, iris jahe dan geprek bawang putih
  3. Siapkan juga ayam dan wadah untuk merebus
  4. Lalu masukan ayam dan bumbu kedalam panci rebusan, hidupkan kompor dan rebus kurang lebih 45 menit. Tambahkan sedikit penyedap rasa agar rasanya lebih mantap dan masukan juga daun sop
  5. Jika ayam sudah matang, pindahkan ayam kedalam wadah yg berisikan air es agar proses memasak ayam terhenti. Diamkan selama 5 menit lalu tiriskan.
  6. Sekarang siapkan bahan untuk membuat nasi nya
  7. Cuci bersih beras, lalu iris tipis jahe, bawang putih, bawang merah.
  8. Tumis bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu, jika sudah harum masukan jahe dan daun pandan. Diamkan sebentar.
  9. Kemudian masukan beras yg sudah di cuci bersih, tambahkan daun sop juga lalu aduk2 agar tercampur rata.
  10. Kemudian pindahkan beras yg sudah di tumis kedalam rice cooker dan tambahkan air kaldu sesuai takaran kita memasak, saya menggunakan air 1 lebih sedikit (ukur banyak air menggunakan ruas jari)
  11. Sambil menunggu nasi masak, kita lanjut untuk membuat kuah cabe nya
  12. Masukan cabe dan bawang putih kedalam wadah blender, tambahkan kuah kaldu sesuai selera (saya menambahkan kurang lebih setengah gelas), tambahkan gula 1/2 sdt dan masako sesuai selera lalu blender hingga halus
  13. Jika nasi sudah masak, plating semua menjadi satu untuk segera di hidangkan, tambahkan mentimun agar terlihat cantik. Nasi ayam hainan sederhana siap dihidangkan😘

Nasi Ayam Hainan Paling Senang Buat Menu nasi ayam memang disukai ramai, Cara membuatnya mudah maka resipi ini sering dibuat tambah pula bila tiba-tiba menerima kunjungan tetamu. Boleh buat untuk hidangan makan tengahari anda nanti. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Nasi ayam Hainan juga cukup populer di Indonesia karena mayoritas masyarakatnya mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Ayam Hainan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on