This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Ayam Hainan Sederhana yang Bisa Manjain Lidah

 ·  β˜• 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Della Harvey

Nasi Ayam Hainan Sederhana
Nasi Ayam Hainan Sederhana

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainan sederhana yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan sederhana yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Berikutnya teman-teman bisa membuat resep nasi hainan ayam panggang spesial. Untuk camilan atau makanan penutup bisa dicoba resep puding sederhana dan enak ya. Lihat juga resep Nasi Ayam Hainan Khas Singapore (Beras Coklat Organik) enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan sederhana, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi ayam hainan sederhana yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi ayam hainan sederhana yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Ayam Hainan Sederhana menggunakan 22 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi Ayam Hainan Sederhana:
  1. Gunakan Bahan Utama :
  2. Sediakan fillet Dada ayam
  3. Gunakan 1 buah Air perasan jeruk nipis
  4. Ambil potong Daun bawang
  5. Ambil 3 siung Bawang putih
  6. Gunakan 1/2 buah Bawang bombay
  7. Ambil 1 ruas Jahe digeprek,
  8. Gunakan 1 sdt Garam
  9. Gunakan 1/2 sdt Minyak wijen
  10. Ambil 1/4 sdt Merica bubuk
  11. Gunakan Bahan Nasi :
  12. Gunakan secukupnya Beras
  13. Ambil secukupnya Air kaldu rebusan ayam
  14. Sediakan secukupnya Air
  15. Gunakan 1 ruas Jahe digeprek
  16. Siapkan 1/4 sdt Minyak wijen
  17. Gunakan Saus Ayam :
  18. Siapkan 3 sdm Air kaldu rebusan ayam
  19. Siapkan 1 sdm Kecap asin
  20. Gunakan 1 buah Cabai rawit oren
  21. Ambil 5 buah Cabai rawit hijau
  22. Gunakan Wijen putih untuk taburan

Nasi hainam sederhana ala ibu adalah masakan khas spesial ibu saya manakala dia kehabisan ide untuk memasak, biasanya dimasak di hari Minggu. Cara memasak Nasi Hainam ini sangat sederhana, dengan menggunakan Rice Cooker kita sudah bisa memasak masakan. Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam.

Cara menyiapkan Nasi Ayam Hainan Sederhana:
  1. Potong 2 dada ayam fillet (karena low budget ya πŸ˜…), rendam sebentar dengan perasan jeruk nipis selama 5mnt lalu cuci bersih
  2. Rebus ayam dengan bahan utama semuanya selama 45 menit
  3. Setelah 45 menit sisihkan ayam dalam air dingin sebentar agar rasa tetap nikmat. Simpan air kaldu rebusan ayam untuk masak nasi dan bikin saus ayam
  4. Cuci beras dan masak dalam rice cooker menggunakan air sisa rebusan ayam tadi tambah jahe dan minyak wijen
  5. Untuk saus ayam, potong cabai rawit lalu campurkan dengan kecap asin dan air sisa rebusan ayam
  6. Setelah nasi matang, bisa langsung disajikan selagi hangat. Potong ayam dan siramkan saus diatas ayam serta taburan wijen putih dan siap dihidangkan. Selamat mencoba

Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Ayam pun dah beberapa kali beli, ada tu dah dimasak menu lain. Pertama kali membuatnya dan ini antara nasi ayam tersenang, rasa pun tak kurang hebat. Nasi Ayam Hainan adalah salah satu makanan populer di beberapa negara, salah satunya di Indonesia. Nah, kali ini Martin Natadipraja akan ngasih tahu cara mem.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on