This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Ayam Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Miguel Hopkins

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Lagi mencari ide resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi kebuli ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi Kebuli Ayam memakai 8 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung,potong2 dan bersihkan
  2. Siapkan 270 gr beras basmati instan,cuci dan rendam 30 menit
  3. Ambil 2 siung bawang putih,cincang
  4. Sediakan 1/2 butir bawang bombay,iris
  5. Gunakan 1 sdt lada bubuk
  6. Siapkan 1 sdt garam
  7. Gunakan secukupnya Air kaldu ayam
  8. Sediakan secukupnya Minyak goreng

Masukkan nasi ke dalam panci kukusan lagi. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Rebus ayam 10 menit. Cuci kembali kemudian tiriskan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu. masukkan bumbu kebuli.
  3. Tambahkan kaldu ayam dan masak ayam kembali sampai matang. Tiriskan kemudian sisakan 3 potong untuk masak nasi, daging lainnya di panggang.
  4. Setelah direndam cuci lagi kemudian masukkan air kaldu ayam secukupnya (sisa kuah masak ayam)
  5. Masak menggunakan ricecooker, untuk menambah rasa gurih tambahkan 2 atau 3 potong ayam yang belum di panggang. Masak sampai matang. Sajikan bersama acar timun lebih nikmat🤤.

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on