This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Ayam Hainam yang Lezat Sekali

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Hunter Barber

Nasi Ayam Hainam
Nasi Ayam Hainam

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi ayam hainam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi ayam hainam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Hainam memakai 13 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Ayam Hainam:
  1. Siapkan Dada Ayam fillet 500 gr (kalau mau ada tulang jg gpp)
  2. Siapkan Bawang putih 9 siung geprek dan cincang pisahkan 5 siung dan 4 siung
  3. Gunakan Jahe 2 ibu jari geprek dan cincang bagi menjadi 2/3 dan 1/3 bagian
  4. Gunakan 2 sdm Kecap asin kalau ada kecap asin rajasa lebih gurih
  5. Gunakan 2 batang Sereh digeprek dan potong2
  6. Sediakan 3 sdm minyak wijen
  7. Ambil 5 lbr daun jeruk
  8. Sediakan 3 lbr daun salam
  9. Ambil Totole, garam, lada, gula secukupnya
  10. Gunakan Tulang ayam buat kaldu
  11. Ambil Beras 500 gr cuci spt biasa
  12. Sediakan 7 sdm Minyak sayur
  13. Siapkan secukupnya Sayur pakcoy

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Cara menyiapkan Nasi Ayam Hainam:
  1. Daging ayam cuci dengan jeruk nipis sebentar lalu lumuri garam sebentar 10 mnt.
  2. Rebus air sampai matang lalu masukan tulang dan daging ayam sebentar sampai keluar buihnya angkat tulang dan daging ayamnya. Masak lagi air baru setelah mendidih, masukan tulang dan daging ayamnya kecilkan api, jangan ditutup ya spy kaldunya tidak butek. (2 kali masak supaya bau anyir ayam hilang) masukkan sereh, daun jeruk, daun salam. Berikan totole, garam, lada dan gula secukupnya
  3. Masukan minyak sayur 3 sdm tambahkan 1.5 sdm minyak wijen, setelah panas masukkan 5 siung bawang putih dan 2/3 jahe. Masak hingga harum dan berubah warna menjadi kuning. Setelah selesai angkat dan sisihkan.
  4. Masukan minyak sayur 4 sdm dan 1.5 minyak wijen. Setelah panas masukan 4 siung bawang putih dan 1/3 jahe, masak hingga harus kemudian masukkan berasnya aduk2 lalu berikan kaldu 3 centong aduk2 lg berikan totole, garam, lada dan gula secukupnya. Aduk sampai airnya tinggal sedikit (api sedang). Setelah itu masukan dalam rice cooker dan tambahkan kaldunya sampai beras tertutup spt masak nasi biasa.
  5. Sisa kaldu setelah mendidih masukkan sayur pokcay ke dalamnya. Masak 1 mnt saja.matikan api agar sayur tdk layu
  6. Cara menyajikan ayam : angkat daging ayam tiriskan, kemudian potong2 sesuai selera. Lalu siram dengan minyak bawang putig dan jahe kemudian siram kecap asin. Taburi daun bawang diatasnya.
  7. Penyajian : nasi hainam + ayam + kuah dan sayur sdh siap disantap.

Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak. Cari resep yang gak ribet dan cepat jadi, ini salah satunya 😄 Buat sahur atau buka puasa juga oke ini, krn sdh lengkap ada nasi dan ada ayamnya juga, sekali jalan membuatnya. #SiapRamadan #AhlinyaAyam #berburucelemekemas #Serbaserbiayam. Nasi Ayam Hainan @ Ipoh Hainan Chicken Rice. Yeayyyyyyyyy~ At last I can post The Best Halal Food in Ipoh which is my hometown~ Ahaha, after a long wait and struggling to finished the pending post plus the busy-ness of my daily schedule~huhu. Karena rasanya gurih, gurihnya itu karena kaldu ayam asli.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi ayam hainam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on