This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Kebuli Ayam yang Enak Banget

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Jon Price

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli Ayam memakai 19 jenis bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 1/2 kg ayam
  2. Sediakan 1.200 ml air
  3. Ambil 8 siung bawang merah
  4. Siapkan 8 siung bawang putih
  5. Gunakan 2 buah tomat
  6. Siapkan 1 cm jahe
  7. Siapkan 2 batang sereh geprek
  8. Sediakan 1 bungkus bumbu kare instant aq pakai indofood
  9. Sediakan 65 ml santan instant
  10. Ambil 1 sdt ketumbar sangrai
  11. Gunakan 1/2 sdt merica sangrai
  12. Sediakan 1 sdt jinten
  13. Ambil 1 batang kecil kayu manis
  14. Gunakan 2 buah kapulaga
  15. Siapkan 5 buah cengkeh
  16. Ambil 1 sdt garam
  17. Sediakan 2 sdt kaldu bubuk
  18. Siapkan 2 sdt gula pasir
  19. Gunakan secukupnya Minyak goreng

Rebus santan dan beras, aduk rata. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Haluskan ketumbar, merica, jintan sisihkan
  2. Haluskan Tomat sisihkan
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe sisihkan
  4. Panaskan minyak secukupnya lalu tumis bawang merah, bawang putih, jahe yg sudah di haluskan tadi, tambahkan sereh, kayu manis, cengkeh, kapulaga, tumis sampai harum dan matang
  5. Lalu masukan tomat yg sudah du haluskan masak sampai matang
  6. Lalu masukan merica, ketumbar, jinten yg sudah di haluskan tadi masak sampai harum dan matang
  7. Masukan air dan masukan ayam masak sampai air mendidih lalu masukan bumbu kari instant dan santan aduk sampai merata
  8. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula pasir aduk rata masak sampai 30 menit atau ayam matang
  9. Setelah ayam matang angkat dan tiriskan
  10. Siapkan beras 500 gram dan masukan air bumbu rebusan ayam tadi pastikan jumlahnya 800 ml kalau air bumbu rebusan ayam tadi kurang dari 800 ml bisa di tambah air biasa
  11. Masak kedalam rice cooker sampai matang
  12. Panaskan minyak goreng secukupnya goreng ayam sampai golden brown
  13. Nasi kebuli ayam tambahkan acar dan siap disajikan untuk keluarga tercinta ❤

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini!

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on