This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi kebuli ayam yang Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Etta Rice

Nasi kebuli ayam
Nasi kebuli ayam

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba. Semua rasanya sangat enak dan menggoda.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi kebuli ayam menggunakan 11 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi kebuli ayam:
  1. Siapkan 1/2 kg ayam
  2. Ambil 1 liter Beras
  3. Ambil 1 Bumbu kare(indofood)
  4. Siapkan 2 santan kara
  5. Ambil 1 Bumbu rempah eceran
  6. Ambil 2 buah tomat
  7. Sediakan 8 siung bawang merah
  8. Siapkan 8 siung bawang putih
  9. Siapkan Sedikit jahe
  10. Siapkan secukupnya Sereh
  11. Siapkan Air secukupnya -+(1500ml)

Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat. Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam.

Cara menyiapkan Nasi kebuli ayam:
  1. Bumbu 1 - Haluskan bumbu rempah merica+ketumbar, selebihnya tidak di haluskan (disini aku pakai rempah eceran rendang karna ga ada kare) - Aku tambah kan sekitar 1 sdtketumbar dan merica 1sdt. Dibawah aku lampirkan foto rempahnya
  2. Bumbu 2 - Iris tomat lalu di blander. Sisihkan
  3. Bumbu 3 - Blander bawang merah.bawang putih. Jahe. Sisihkan
  4. Panaskan wajan,tumis bertahap bumbu 3 tambahkan sereh dan bumbu 1 yg tidak di haluskan. Setelah harum masukan bumbu 2.setelah kering tambahkan bumbu 1 halus.masukan air.koreksi rasa masukan ayam seperti ungkep. Setelah mendidih masukan bumbu instan kare setelah mendidih masukan santan.
  5. Angkat ayam tiriskan.ambil air nya -+ 1000ml sesuai kan dengan kepulenan beras kalian(klo aku si pakai telunjuk 🤭)
  6. Cuci beras.masukan kuah tdi (aku masak pakai magicom) - Sambil goreng ayam
  7. Untuk sambal selera ya
  8. Selesai,semoga kalian berhasil. Jgn lupa recook

Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Rebus santan dan beras, aduk rata. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini!

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi kebuli ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on