This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Merah Hainan, Lezat Sekali

 ·  β˜• 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Nora Long

Nasi Merah Hainan
Nasi Merah Hainan

Sedang mencari inspirasi resep nasi merah hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi merah hainan yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi Hainan merupakan nasi yang diberi bumbu kaldu ayam sehingga nasinya memiliki cita rasa gurih dan harum. Nasi Hainan biasa juga disebut dengan Nasi Minyak. Nasi Hainan dilengkapi dengan ayam yang sudah direbus, ayam yang dipilih untuk melengkapi Nasi Hainan biasanya ayam yang gempal dan matang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi merah hainan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi merah hainan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi merah hainan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Merah Hainan menggunakan 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Merah Hainan:
  1. Ambil Bahan Ayam
  2. Sediakan Potongan Paha Bawah & Sayap
  3. Sediakan 3 Ruas Jahe Geprek
  4. Sediakan 1 Daun Bawang Iris
  5. Gunakan 7 Bawang Putih Geprek
  6. Siapkan 2 Bawang Merah
  7. Siapkan Garam & Kaldu non MSG
  8. Gunakan Bahan Nasi
  9. Ambil 1/2 Liter Beras Merah
  10. Sediakan 1 Daun Pandan
  11. Gunakan 1 Sereh Geprek
  12. Siapkan 2 Ruas Jahe Geprek
  13. Ambil 2 Bawang Putih Geprek
  14. Ambil Garam & Kaldu Rebusan Ayam
  15. Gunakan Bahan Saos
  16. Ambil 2 Bawang Putih Cincang
  17. Ambil 4 Sendok Makan Kecap Asin
  18. Gunakan 1 Sendok Makan Kecap Manis

Jadi che mat gandingkan beberapa resipi dan kaedah. Ada yang guna beras wangi untuk memasak nasi ayam hainan, tapi che mat takde beras tu, yang ada beras basmathi, belasah saja lah, yang nak makan pun kita. Bila terpandang nasi ayam yang baru dihidangkan di Cafe Sasana, saya menjadi sangat terliur, kata orang kecur air liur tapi masa tu, saya masih kenyang. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan.

Cara membuat Nasi Merah Hainan:
  1. Marinasi Ayam dengan jeruk nipis, cuci & Rebus Ayam dengan 2 Bawang Putih Geprek hingga empuk. Kalau sudah Empuk, matikan kompor ambil segelas air kaldu rebusan ayam.
  2. Tumis Sereh, Daun Pandan, Jahe, Bawang Putih dengan sedikit minyak. Kalau sudah wangi, masukan Beras, air kaldu rebusan ayam & garam secukupnya.
  3. Masukan Tumisan Beras ke rice cooker, tambahkan air, tunggu matang
  4. Tunggu Nasi Merah Hainan matang, masukan Jahe, Bawang Putih, Bawang Merah & Daun bawang ke dalam rebusan ayam hingga mendidih
  5. Campurkan semua bahan saos & selamat menikmati! ✨

Oleh kerana saya belum sempat menyediakannya sendiri, jadi saya guna gambar lama. Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Masukkan bawang putih dan bawang merah dan masak sehingga menguning. Masukkan air rebusan ayam tadi secukupnya seperti menanak nasi biasa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi merah hainan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on