This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi kebuli ayam, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Landon Elliott

Nasi kebuli ayam
Nasi kebuli ayam

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi kebuli ayam memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi kebuli ayam:
  1. Gunakan 2 ekor ayam
  2. Gunakan 15 cup magic com beras
  3. Sediakan Bahan halus:
  4. Sediakan 15 bawang merah
  5. Gunakan 10 bawang putih
  6. Gunakan 4 sendok teh ketumbar
  7. Ambil 3 sendok teh pala
  8. Sediakan 3 sendok teh jinten
  9. Gunakan 2 sendok teh cengkeh
  10. Gunakan 5 butir kapulaga
  11. Sediakan 5 butir kembang lawang
  12. Sediakan 3 sendok teh kayumanis
  13. Gunakan 5 sendok makan minyak samin
  14. Siapkan 2 sendok teh lada bubuk
  15. Ambil 1 bungkus royko ayam
  16. Sediakan 5 batang serai
  17. Ambil secukupnya Garam
  18. Gunakan Pelengkap : acar, emping, sambal, bawang goreng

Masukkan nasi ke dalam panci kukusan lagi. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Langkah-langkah membuat Nasi kebuli ayam:
  1. Tumis semua bumbu halus dengan minyak samin kemudian beri air dan masukkan ayam yg sudah dipotong rebus hingga matang
  2. Setelah matang Angkat ayam tiriskan kemudian goreng hingga kecoklatan
  3. Campur kan beras yg sudah dicuci dengan air bumbu rebusan ayam tadi, Aron nasi nya
  4. Kemudian kukus di dandang hingga 30 menit

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on