This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi kebuli daging sapi(ayam) Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Julian Rodriguez

Nasi kebuli daging sapi(ayam)
Nasi kebuli daging sapi(ayam)

Sedang mencari ide resep nasi kebuli daging sapi(ayam) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli daging sapi(ayam) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Angkat dari rebusan apabila bumbu sudah merasuk, dan daging sudah empuk. Nasi dimasak tanpa daging apapun di dalamnya. Ketika menghidangkan, tinggal goreng ato bakar daging yg ditiriskan tadi.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli daging sapi(ayam), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli daging sapi(ayam) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi kebuli daging sapi(ayam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi kebuli daging sapi(ayam) memakai 19 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi kebuli daging sapi(ayam):
  1. Gunakan 500 gr basmati (beras india)/ beras lokal
  2. Ambil 400 gr daging sapi
  3. Ambil 400 gr ayam (untuk tambahan lauk terpisah)
  4. Siapkan 1 butir bawang bombay
  5. Sediakan 4-5 buah tomat ukuran sedang
  6. Gunakan 6 siung bawang merah
  7. Sediakan 4 siung bawang putih
  8. Gunakan 3 sdm bumbu kare instan
  9. Gunakan 7 buah cabe keriting hijau
  10. Siapkan 4 cm kayu manis potong 2 bagian
  11. Siapkan 3-4 butir cengkeh
  12. Gunakan secukupnya Kismis
  13. Gunakan secukupnya Minyak samin (saya pakai 4 sdm)
  14. Siapkan secukupnya Garam
  15. Ambil Jeruk nipis
  16. Gunakan Margarin secukupnya utk menumis
  17. Ambil Air secukupnya (sesuai kebutuhan berasnya)
  18. Siapkan Bawang merah goreng utk taburan
  19. Gunakan Acar mentimun + wortel (saya tdk pakai)

Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba. Semua rasanya sangat enak dan menggoda. Kali ini resepkuerenyah akan sajikan resep nasi kebuli ayam yang enak dan. Hidangkan nasi kebuli dengan daging sapi goreng.

Langkah-langkah membuat Nasi kebuli daging sapi(ayam):
  1. Siapkan bahan - Cuci bersih beras, rendam -+ 15 smp 20 menit. - Cuci bersih ayam dan daging potong2 sesuai selera. Beri perasan jeruk nipis, diamkan sesaat, cuci kembali. - Ayam saya potong jadi 4 bagian. - Daging saya potong dadu kecil2.
  2. Bawang bombay dan tomat potong kecil2. - Bawang merah dan bawang putih iris tipis. - (Bumbu ini bisa juga dihaluskan ato diblender)
  3. Lelehkan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah, kemudian menyusul tomat. Tumis sampai semua layu. Masukkan daging dan ayam. Tambahkan air (saya pakai -+1.5 liter), bumbu kare, kayu manis, cengkeh, garam. Aduk semua sampai rata. Masak sampe ayam dan daging empuk (gunakan api kecil). Kemudian saya angkat ayam dan sisihkan.
  4. Setelah daging empuk masukkan beras yg sudah direndam tadi. Aduk sampe semua beras terendam dalam air. Rebus sampai air habis (aron). Matikan api.
  5. Siapkan panci pengukus. Kukus nasi aron tadi, tambahkan cabe keriting hijau. Masak sampai matang, Angkat, tambahkan minyak samin+kismis. Aduk perlahan sampai tercampur rata. Hidangkan dengan taburan bawang merah goreng dan juga acar mentimun wortel.
  6. Bakar ato goreng ayam apabila ingin tambahan lauk.
  7. Tips. - Apabila ingin membuat nasi kebuli dengan lauk terpisah, potong2 daging dg ukuran besar(spt rendang). Angkat dari rebusan apabila bumbu sudah merasuk, dan daging sudah empuk. Nasi dimasak tanpa daging apapun di dalamnya. - Ketika menghidangkan, tinggal goreng ato bakar daging yg ditiriskan tadi.

Namun, saat ini nasi kebuli di Indonesia sudah mengalami adaptasi rasa termasuk dalam penggunaan daging. Ada yang mengganti daging kambing dengan daging sapi dan ada pula yang menggantinya dengan daging ayam. Iga bisa disajikan langsung atau digoreng terlebih dahulu sesuai selera. Nah untuk kamu yang ingin mencoba variasi atau tidak diperbolehkan memakan daging kambing , resep nasi kebuli sapi di bawah ini bisa menjadi alternatif berikut ini resep nasi kebuli sapi yang tidak kalah enak dengan nasi kebuli. Cara membuat nasi kebuli sederhana: Tumis bumbu halus dan tambahkan cengkeh dan serai.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli daging sapi(ayam) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on