This page looks best with JavaScript enabled

Resep Empal goreng empuk Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Steve Wade

Empal goreng empuk
Empal goreng empuk

Sedang mencari ide resep empal goreng empuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal goreng empuk yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara membuat resep empal / daging sapi goreng yang empuk dan gurih. Cara Menggoreng Empal Goreng: Pertama panaskan minyak goreng dalam wajan tunggu hingga benar-benar panas. Goreng daging hingga kecoklatan dan matang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal goreng empuk, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan empal goreng empuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat empal goreng empuk yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Empal goreng empuk memakai 13 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Empal goreng empuk:
  1. Sediakan 1/2 kg daging sapi (saya ambil bagian paha)
  2. Siapkan 4 pcs ati ampela
  3. Ambil 5 lembar daun salam
  4. Gunakan 2 cm laos (di keprek)
  5. Siapkan bumbu halus
  6. Gunakan 3 buah kemiri
  7. Gunakan 7 bawang putih kating
  8. Gunakan 3 bawang merah
  9. Gunakan 1 sdm bubuk ketumbar
  10. Gunakan 1/2 sdm asam jawa (atau sesuai selera)
  11. Gunakan 1/2 potong gula merah
  12. Ambil secukupnya gula
  13. Sediakan secukupnya garam

Ingin tahu bagaimana cara memasak empal goreng yang tidak alot? Salah satu menu sederhana yang bisa dibuat dari daging sapi adalah empal goreng yang empuk, Ma. Panaskan minyak goreng, goreng daging sebentar. Biasanya empal gepuk dibuat dengan daging sapi, yang diiris searah dengan serat daging dan Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan kemudian.

Cara menyiapkan Empal goreng empuk:
  1. Rebus daging dan ati ampela sampai empuk, (simpan kaldunya bisa untuk sop dan lain-lain)
  2. Ambil daging potong-potong menyerong (lebih mudah bisa mnta dipotong untuk empal sama tukang dagingnya), setelah itu geprek daging
  3. Haluskan semua bumbu halus(kecuali asam jawa biarkan dalam bentuk bijinya) tambahkan sedikit air
  4. Tuang bumbu dalam penggorengan untuk ungkep daging, masukkan daun salam dan laos, kemudian semua daging dan ati ampela (tambahkan air sampai daging terendam)
  5. Nyalakan api, aduk pelan agar daging dan bumbu tercampur semua
  6. Setelah air mendidih, koreksi rasa. Lanjutkan memasak sampai air habis atau sisa sedikit (lebih enak bila penggorengan ditutup)
  7. Setelah air habis, matikan kompor dan diamkan sampai dingin, kemudian simpan di kulkas atau bisa langsung di goreng bila ingin makan

Sajikan empal gepuk yang telah digoreng dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng, lalapan dan sambal. Siapa yang tidak mengenal Empal Goreng ? Irisan daging yang empuk dengan rasa gurih dan manis ini sangat lezat dinikmati bersama dengan nasi. Goreng daging yang telah empuk dan telah masak di dalam minyak goreng panas. Setelah itu angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Empal goreng empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on