This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Goreng Lorjuk yang Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Pauline Luna

Nasi Goreng Lorjuk
Nasi Goreng Lorjuk

Sedang mencari inspirasi resep nasi goreng lorjuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi goreng lorjuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng lorjuk, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi goreng lorjuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Pagi tadi ngelihat masih ada sisa nasi semalam, dan ada stock lorjuk tinggal sedikit. Akhirnya buatkan anak anak sarapan nasi goreng. Sambal goreng lorjuk bisa menjadi menu makanan rumahan yang gak kalah menggunggah selera.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi goreng lorjuk yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Goreng Lorjuk menggunakan 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi Goreng Lorjuk:
  1. Sediakan 1 piring nasi putih
  2. Ambil 1 , 5 sdm lorjuk
  3. Ambil 1/2 sdt bawang putih blender
  4. Siapkan 1/2 sdt bawang merah blender
  5. Sediakan 2 genggam taoge/kecambah
  6. Ambil 1 , 5 sdt kecap
  7. Siapkan 1/2 sdt kecap asin
  8. Siapkan 1/4 garam
  9. Ambil 1/2 sdt ladaku bubuk
  10. Ambil 1/4 sdt bubuk kaldu
  11. Sediakan 1/4 sdt bubuk cabe
  12. Siapkan 1/2 sdt saus tiram
  13. Ambil 1 butir telur
  14. Gunakan 4 buah bakso tahu potong2, klik resep disini (lihat resep)

Selain untuk camilan, ada juga olahan lorjuk yang cocok sebagai pendamping nasi. Sambal goreng lorjuk bisa menjadi menu makanan rumahan yang gak kalah menggunggah selera. Sambal goreng lorjuk cukup mudah dibuat dengan bumbu yang mudah didapat. Jangan lombok tempe tahu lorjuk ini enak,gurih di dapat dr santan dan lorjuk, ada juga sensasi pedasnya enak dimakan gunakan nasi hangat.

Cara menyiapkan Nasi Goreng Lorjuk:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai berbau harum, lalu pecahkan telur setelah setengah matang orak arik, dan masukkan lorjuk dan bakso tahu aduk aduk merata
  2. Setelah itu masukkan nasi, kecilkan api beri garam, bubuk kaldu, cabe bubuk, ladaku bubuk dan kecap asin serta kecap manis. Aduk aduk merata lalu besarkan api, tambahkan kecambah, aduk aduk sampai benar2 merata bumbu ke dalam nasi dan kecambah.
  3. Nasi goreng lorjuk ini enak banget, sensasi lorjuknya. Sangat terasa.

Lorjuk ini sendiri adalah salah satu jenis kerang, yang memiliki cangkang seperti bambu. Di Madura sendiri, kerang yang satu ini dapat dijadikan berbagai macam camilan, mulai dari rangginang lorjuk, tumis lorjuk, lorjuk goreng, dan aneka penganan lainnya, yang pasti bahan utama yang digunakan adalah lorjuk tersebut. Bisa jadi teman lauk tahu, ayam goreng, ikan goreng, tempe, krupuk, nasi hangat dll. Dijadikan bumbu nasi goreng juga oke banget. Pas buat anak kos dan juga buat rumah tangga.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Goreng Lorjuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on