This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi ayam Hainan, Enak

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Rachel Joseph

Nasi ayam Hainan
Nasi ayam Hainan

Lagi mencari ide resep nasi ayam hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam hainan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi ayam hainan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi ayam Hainan memakai 13 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi ayam Hainan:
  1. Ambil 1 ekor ayam pejantan potong 8
  2. Siapkan 2 cup beras(sy pke datrice) rendam dulu sekitar kurleb 30 menit
  3. Gunakan 8 siung bawang putih cincang halus
  4. Siapkan 1 ruas jahe cincang halus
  5. Sediakan secukupnya Kecap asin
  6. Siapkan secukupnya Minyak wijen
  7. Sediakan secukupnya Gula garam totole
  8. Siapkan Margarin
  9. Sediakan secukupnya Minyak goreng
  10. Siapkan Daun bawang iris tipis
  11. Ambil 1 lembar daun pandan
  12. Siapkan Untuk sambel nya: rawit merah, bawang merah,bawang putih, jahe
  13. Siapkan Larutkan 2 SDM tepung maizena

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Cara menyiapkan Nasi ayam Hainan:
  1. Langkah pertama adalah rebus air hingga mendidih lalu masukan ayam pejantan,jahe garam dan totole secukupnya
  2. Kedua sambil menunggu ayam tdi matang rendam beras mati kurleb 30 menit,, setelah di rendam cuci bersih
  3. Ketiga setelah ayam matang,angkat tiris kan..
  4. Setelah itu panaskan margarin,lalu tumis bawang putih dan jahe tambahkan kaldu ayam sedikit,, minyak wijen secukupnya,kecap asin secukupnya, garam secukupnya masukan beras aduk aduk hingga merata angkat.kemudian masukkan beras tdi ke dlm wadah Magicom beserta kaldu ayam secukupnya,daun bawang dan daun pandan masak hingga matang
  5. Selanjutnya.. masukkan irisan daun bawang dan jahe, tambahkan Air secukupnya, kecap asin secukupnya, gula garam totole secukupnya ke dlm mangkok aduk hingga merata
  6. Panaskan minyak goreng tumis bawang putih setelah bawang putih harum,,angkat bawang putihnya,lalu minyak bawang nya di masukan ke dlm mangkok yg berisi saus tdi.
  7. Panaskan margarin lalu tumis bawang putih dan jahe tambahkan kecap asin secukupnya gula garam totole secukupnya beserta larutan tepung maizena..siram kan saus ke ayam yg sdh matang tdi
  8. Untuk sambel di tumis pakai margarin seperti biasa jngn lp tambahkan gula garam totole secukupnya
  9. Dan semua siap untuk di hidangkan 😋😋 maaf tdi plating nya belum selesai jd yg kelihatan cuma ini ajj.. sebenarnya ada kuah dan sambelnya..🙏🙏👩‍🍳👩‍🍳

Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi ayam hainan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on