This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Hainan Ayam Fillet, Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Lela Gross

Nasi Hainan Ayam Fillet
Nasi Hainan Ayam Fillet

Sedang mencari ide resep nasi hainan ayam fillet yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi hainan ayam fillet yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi hainan ayam fillet, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi hainan ayam fillet yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

First time coba masak nasi hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi hainan ayam fillet yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Hainan Ayam Fillet memakai 17 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Hainan Ayam Fillet:
  1. Gunakan Hainan rice
  2. Siapkan 2 cup beras
  3. Ambil 1 ruas jahe iris
  4. Gunakan 4 siung bawang putih geprek
  5. Sediakan 1 sdm kecap asin
  6. Gunakan 1,5 sdm saus tiram
  7. Sediakan 1 sdt minyak wijen
  8. Ambil Secukupnya garam dan lada
  9. Gunakan 2 sdm minyak goreng
  10. Sediakan Ayam fillet
  11. Siapkan 100 gr ayam fillet
  12. Ambil Secukupnya jeruk nipis
  13. Ambil Secukupnya Air rebusan kedua kaldu ayam
  14. Siapkan Minyak bumbu untuk Ayam Fillet
  15. Ambil 3 siung bawang putih cincang
  16. Sediakan 1 sdt kecap wijen
  17. Gunakan 1 sdm kecap asin

Tapiiii jangan cuma fokus di ayam. Justru koentji enaknya menu ini ada di nasinya. Untuk nasi hainan, masukkan beras yang sudah direndam sebelumnya, air kaldu, ½ garlic oil, kecap asin, minyak wijen, saus tiram, garam, dan merica lalu aduk dan letakkan dada ayam fillet di atasnya lalu taburi dengan gula kemudian masak dengan rice cooker hingga matang. Didihkan air, masukkan sisa bumbu ke dalam air.

Cara menyiapkan Nasi Hainan Ayam Fillet:
  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Bilas dengan air matang. Kemudian rebus ayam (buang air rebusan pertama) kemudian rebus lagi dengan air secukupnya
  2. Tumis jahe iris hingga harum kemudian masukkan bawang geprek. Setelah harum masukkan beras, kecap asin, minyak wijen, saus tiram, garam dan lada. Aduk rata.
  3. Masukkan campuran beras kedalam rice cooker. Tambahkan air rebusan ayam untuk menanak.
  4. Minyak bawang: goreng bawang putih cincang. Setelah itu saring untuk mengambil minyaknya. Tambahkan kecap asin dan minyak wijen. Kemudian siram pada ayam fillet. Taburkan bawang putih goreng.
  5. Nasi hainan dan ayam fillet siap disajikan

Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend. Resipi Siakap Kengsom Thai Paling Sedap & Mudah Masak. Lihat juga resep Nasi Ayam Hainan Khas Singapore (Beras Coklat Organik) enak lainnya. Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi hainan ayam fillet yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on