This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Sambal Chicken Rice / Hainam, Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Jordan Cruz

Sambal Chicken Rice / Hainam
Sambal Chicken Rice / Hainam

Lagi mencari inspirasi resep sambal chicken rice / hainam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal chicken rice / hainam yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

While the rice is cooking, carve the chicken for serving. Make the chili sauce: combine the sambal, Sriracha, sugar, garlic, ginger, lime juice, and chicken broth in a small bowl and stir to incorporate. Heat the oils in a pan with a well fitting lid.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal chicken rice / hainam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal chicken rice / hainam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal chicken rice / hainam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Chicken Rice / Hainam menggunakan 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sambal Chicken Rice / Hainam:
  1. Sediakan 12 cabe merah
  2. Ambil 1-2 cabe rawit (tambahan aku, biar pedes)
  3. Sediakan 1 bonggol kecil bawang putih (aku 5 bawang putih besar)
  4. Gunakan 50 ml minyak goreng
  5. Sediakan 2 sdm minyak wijen
  6. Siapkan 1 sdm gula pasir
  7. Siapkan 1-2 sdt garam
  8. Sediakan Penyedap (optional)
  9. Ambil 3/4 sdm cuka meja /1, 5 sdm cuka beras (saya pakai cuka meja)
  10. Ambil secukupnya Air

Hainam Chicken Rice with Crispy Chicken served with Sambal Matah. Hainam Chicken Rice with Complete with Asian Spiced Satay and Tea Egg served with Hainam Chili Sauce, Garlic Scallion Oil and Soy Sauce.. Hainanese Chicken Rice is a very popular dish in Singapore and Malaysia. In fact, Singapore has claimed this as their national dish!

Langkah-langkah membuat Sambal Chicken Rice / Hainam:
  1. Bawang putih geprek, cabe di potomg kasar & jahe yang telah di iris halus masukkan dalam processor bersama minnyak wijen dan sebagian minnyak goreng. Haluskan sesuai selera
  2. Panaskan sisa minyak, tumis bumbu halus. Biarkan hingga kering, kandungan air berkurang.
  3. Masukkan air sesuai keinginan. Bila ingin sambalnya kental seperti yang saya buat, air cukup 50 ml, namun bila ingin lebih encer bisa ditambah airnya. Garam, gula dan cuka di tambahkan, di paskan rasanya. Ciri khas sambal hainam, ada manis asam dan pedasnya dengan aroma bawang putih & jahe.
  4. Sambal bisa di wadahi dalam pot kaca tertutup, dan disimpan dalam kulkas. Selamat menikmati… Bon apetite 👌

The chicken is served either roasted, poached, or steamed. The flavor of the rice is out of this world! Using the remaining carcass and make chicken stock by adding water, ginger, green onion and salt. Render chicken fat, stir fry with ginger and garlic and sesame oil until fragrant. But, I was kinda disappointed with the taste of the chicken rice and the sambal was a bit blend.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal chicken rice / hainam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on