This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan (Salin dari) Empal goreng empuk yang Enak

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Ivan Freeman

(Salin dari) Empal goreng empuk
(Salin dari) Empal goreng empuk

Lagi mencari ide resep (salin dari) empal goreng empuk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal (salin dari) empal goreng empuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari (salin dari) empal goreng empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan (salin dari) empal goreng empuk enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Cara Membuat Empal Goreng: Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan menghaluskan bawang putih, kemiri dan bawang merah. Setelah dihaluskan dan minyak tercampur dengan merata. Empal goreng bisa alot saat digigit.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat (salin dari) empal goreng empuk yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan (Salin dari) Empal goreng empuk menggunakan 13 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan (Salin dari) Empal goreng empuk:
  1. Sediakan 1/2 kg daging sapi (saya ambil bagian paha)
  2. Siapkan 4 pcs ati ampela
  3. Siapkan 5 lembar daun salam
  4. Siapkan 2 cm laos (di keprek)
  5. Siapkan bumbu halus
  6. Sediakan 3 buah kemiri
  7. Ambil 7 bawang putih kating
  8. Ambil 3 bawang merah
  9. Sediakan 1 sdm bubuk ketumbar
  10. Ambil 1/2 sdm asam jawa (atau sesuai selera)
  11. Gunakan 1/2 potong gula merah
  12. Gunakan secukupnya gula
  13. Gunakan secukupnya garam

Salah satu menu olahan daging sapi yang paling populer adalah empal goreng. Selain mudah dibuat, menu ini juga sangat enak dijadikan menu bekal Mama punya daging sapi tapi masih bingung hendak diolah menjadi masakan apa? Salah satu menu sederhana yang bisa dibuat dari daging sapi. Siapa yang tidak mengenal Empal Goreng ?

Cara menyiapkan (Salin dari) Empal goreng empuk:
  1. Rebus daging dan ati ampela sampai empuk, (simpan kaldunya bisa untuk sop dan lain-lain)
  2. Ambil daging potong-potong menyerong (lebih mudah bisa mnta dipotong untuk empal sama tukang dagingnya), setelah itu geprek daging
  3. Haluskan semua bumbu halus(kecuali asam jawa biarkan dalam bentuk bijinya) tambahkan sedikit air
  4. Tuang bumbu dalam penggorengan untuk ungkep daging, masukkan daun salam dan laos, kemudian semua daging dan ati ampela (tambahkan air sampai daging terendam)
  5. Nyalakan api, aduk pelan agar daging dan bumbu tercampur semua
  6. Setelah air mendidih, koreksi rasa. Lanjutkan memasak sampai air habis atau sisa sedikit (lebih enak bila penggorengan ditutup)
  7. Setelah air habis, matikan kompor dan diamkan sampai dingin, kemudian simpan di kulkas atau bisa langsung di goreng bila ingin makan

Campur daging dengan bumbu halus dan bahan lain. Goreng empal menggunakan wajan antilengket agar tidak terlalu berminyak. Goreng empal pada kedua sisi hingga mengering. Sajikan empal gepuk yang telah digoreng dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng, lalapan dan sambal. Empal goreng, masakan yang mudah dibuat di rumah.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan (Salin dari) Empal goreng empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on