This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Goreng Kencur Endolita! yang Lezat

 ·  β˜• 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Hattie Edwards

Nasi Goreng Kencur Endolita!
Nasi Goreng Kencur Endolita!

Lagi mencari ide resep nasi goreng kencur endolita! yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng kencur endolita! yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi goreng kencur endolita!, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi goreng kencur endolita! yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Ini menu nasi goreng turunan dari mamaku. Dan sekeluarga ku suka! πŸ€— Disajikan tanpa topping yang ribet, malah bikin nasi goreng ini istimewa. Lihat juga resep Nasi goreng kencur kunyit enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi goreng kencur endolita! yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Goreng Kencur Endolita! menggunakan 10 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Goreng Kencur Endolita!:
  1. Ambil 4 porsi nasi putih
  2. Sediakan 4 siung bawang merah, rajang
  3. Siapkan 2 batang daun bawang, rajang
  4. Sediakan Secukupnya garam, lada, kaldu jamur, gula
  5. Gunakan Bumbu Halus
  6. Gunakan 7 siung bawang merah
  7. Gunakan 3 siung bawang putih
  8. Sediakan 2 buah cabai merah besar, saya buang biji
  9. Gunakan 1 ruas kunyit
  10. Ambil 4 buah kencur ukuran sedang

Dalam masakan a la Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali maka kencur biasanya hanya dipergunakan sebagai salah satu komponen bumbu untuk sambal pecel, urap, masakan bernama mangut dan ayam betutu a la Bali. Di Aceh, kencur disebut ceuko, sementara di Sumba disebut cekir. Menariknya lagi, kencur acapkali digunakan sebagai bahan utama pada obat-obatan tradisional. Cara membuat nasi goreng kencur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng biasa.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Goreng Kencur Endolita!:
  1. Haluskan semua bumbu halus, lalu masak sampai berubah warna & tidak langu ya moms
  2. Masukkan juga bawang merah & daun bawang, masak bersamaan hingga layu
  3. Masukkan nasi putih. Kondisi dingin ya moms supaya nasi tidak gempel. Bisa juga masukkan dulu nasi putih nya ke kulkas moms supaya lebih β€˜pera’ seperti nasi goreng abang-abang
  4. Masukkan bumbu bumbu sesuai selera, garam, gula, kaldu jamur (saya pakai totole), dan lada putih
  5. Enjoy moms! Enak banget buat sarapan, makan siang, atau pun makan malam πŸ€— Enaknya pakai telur ceplok dan emping, acar ya moms sayang aku lagi nggak ada. Tapi tetap enak!

Perbedaannya hanya dengan menambahkan kencur pada bumbu halus yang ditumis. SajianSedap.com - Resep Nasi Goreng Kencur bisa jadi ide menu anti repot untuk disajikan saat sahur. Karena menggunakan bumbu halus yang tidak biasa, Resep Nasi Goreng Kencur ini jelas hadir dengan rasa yang jauh lebih nikmat. Tak perlu ragu lagi, Resep Nasi Goreng Kencur ini boleh banget kita hadirkan sebagai menu sahur praktis dengan rasa yang nikmat. Nasi goreng gaya Sunda ini memakai cekur alias kencur muda sebagai bumbu yang utama.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi goreng kencur endolita! yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on