This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Hainan yang Enak

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Paul Mills

Nasi Hainan
Nasi Hainan

Anda sedang mencari ide resep nasi hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi hainan yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore. There are some Chinese restaurants in Indonesia that serve this dish.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi hainan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi hainan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi hainan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Hainan memakai 15 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Hainan:
  1. Sediakan 1 mangkok nasi kemarin
  2. Siapkan 3 potong pentungan ayam
  3. Gunakan 1 ikat baby kailan rebus tiriskan
  4. Ambil Bawang goreng secukupnya untuk taburan
  5. Gunakan Bumbu halus untuk merebus ayam hainan:
  6. Gunakan 1 ruas jahe cincang kasar
  7. Gunakan 1 sdm lada putih
  8. Gunakan 4 siung bawang putih cincang
  9. Ambil secukupnya Kaldu jamur
  10. Ambil 1 batang daun bawang cincang kasar
  11. Sediakan 2 sdt olive oil
  12. Siapkan 1/4 sdm garam
  13. Ambil 1/2 sdm gula pasir
  14. Sediakan 1 sdm kecap asin
  15. Siapkan 2 sdm margarine

KUAH: Panaskan kembali sisa kuah kaldu, masukan daun seledri. Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. nasi hainan nasi hainan singapore fuyunghai ayam szechuan ayam hainan Resep 'nasi hainan ricecooker' paling teruji. Nasi hainan adalah salah satu menu yang biasanya dapat dengan mudah ditemukan di restoran Chinese Food.

Cara menyiapkan Nasi Hainan:
  1. Masukkan ayam ke dalam panci, kemudian tambahkan air sampai ayam terendam air. Tambahkan semua bumbu seperti jahe, lada putih, bawang putih, kaldu jamur, olive oil, daun bawang, garam, gula pasir, kecap asin dan margarine ) diperlukan untuk ayam Hainan. Rebus sampai ayam matang.
  2. Jika ayam sudah matang angkat dan tiriskan. Sisa air kaldu jangan dibuang, ambil sedikit untuk kuah nasi Hainan, dan sisanya untuk ngaron nasi nantinya.
  3. Masukan nasi tadi kedalam rebusan kaldu tadi, dan aduk seperti lagi ngaru. Masak nasi di api kecil ke sedang sambil diaduk terus. Agar nasi tidak lekat dipanci. Masak hingga air kaldu menyerap ke beras. Jika sudah siapkan kukusan dan kukus nasi supaya tanek
  4. Sambil nunggu nasi matang. Ayam yang sudah direbus tadi kita panaskan di wajan anti lengket sebentar saja, angkat tiriskan
  5. Jika nasi sudah matang angkat dan tata dalam piring, siapkan baby kailan rebus, ayam dan ambil sisa kaldu tadi taruh dalam mangkok, taburi nasi dan kuah dengan daun bawang dan bawang goreng. Selamat menikmatin😋

Nasi ini bukan berasal dari provinsi Hainan di China, tapi dari Singapura. Ciri khas dari nasi hainan adalah rasanya yang gurih. Lihat juga resep Nasi Ayam Hainan Khas Singapore (Beras Coklat Organik) enak lainnya. Nasi hainan paling lezat dinikmati dengan ayam rebus. Kalau ingin menikmati santapan nasi hainan klasik ini, kamu bisa menikmatinya di Sanki!

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi hainan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on