This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Goreng Udang ala Biryani yang Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Mabelle Fitzgerald

Nasi Goreng Udang ala Biryani
Nasi Goreng Udang ala Biryani

Lagi mencari inspirasi resep nasi goreng udang ala biryani yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi goreng udang ala biryani yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng udang ala biryani, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi goreng udang ala biryani yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep Nasi Goreng Udang ala Biryani. Sebenarnya niat aku awalnya mau buat nasi goreng seafood. Alhasil, aku buat dengan udang saja.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi goreng udang ala biryani yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Goreng Udang ala Biryani memakai 17 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Goreng Udang ala Biryani:
  1. Gunakan 2 piring Nasi semalam secukupnya
  2. Sediakan 6 siung bawang merah, iris kasar
  3. Gunakan 5 siung bawang putih cincang halus
  4. Siapkan 4 butir telur, kocok lepas, buat telur orak-arik, sisihkan
  5. Gunakan 1 ruas ibu jari jahe, cincang halus
  6. Siapkan 6 buah cabe merah keriting, iris serong
  7. Sediakan secukupnya Garam, gula pasir,
  8. Siapkan 4 buah Kapulaga hijau
  9. Gunakan 4 buah cengkeh
  10. Gunakan 4 buah bunga Lawang
  11. Siapkan 3 cm kayu manis
  12. Ambil 100 gr udang, kupas buang kepala, kaki dan kulit, cuci bersih
  13. Gunakan 5 sdm air matang
  14. Sediakan 1 sdm Bumbu kari bubuk
  15. Sediakan Jagung manis rebus, pipil
  16. Ambil secukupnya Minyak untuk menggoreng
  17. Sediakan Perasaan air jeruk nipis, bila suka, bila tidak, dihilangkan

Nasi Goreng Udang ala Biryani Nasi semalam secukupnya • bawang merah, iris kasar • bawang putih cincang halus • telur, kocok lepas, buat telur orak-arik, sisihkan • jahe, cincang halus • cabe merah keriting, iris serong • Garam, gula pasir, • Kapulaga hijau Masukkan tomato, daun ketumbar, lobak merah dan udang, gaul rata dan goreng udang hingga kemerahan. Masukkan beras yang ditoskan tadi, gaul rata dan masak sekejap. Alihkan beras dan rempah ke dalam rice cooker, tuang air dan susu cair. Tambah garam secukup rasa dan secubit gula, kacau rata.

Cara menyiapkan Nasi Goreng Udang ala Biryani:
  1. Panaskan minyak, tumis kapulaga, kayumanis, cengkeh dan bunga Lawang, hingga kehitaman, buang rempah2 itu.
  2. Tumis bawang merah dan cabai hingga harum. Tambahkan bawang putih dan jahe, tumis hingga harum.
  3. Masukkan udang, tumis hingga udang berubah warna, tambahkan bumbu kari. Tambahkan air, jangan sampai bumbu gosong. Nanti warna nasi akan jelek.
  4. Masak sebentar, tambahkan jagung manis pipil, aduk rata. Tambahkan telur orak-arik, aduk rata.
  5. Tuang nasi dingin. Aduk hingga betul-betul tercampur rata. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata. Apinya kecil saja ketika mengaduk nasi dan bumbu hingga rata.
  6. Sajikan panas2 dengan perasan air jeruk nipis. Kalau tidak suka tidak perlu pakai, langsung saja disantap sudah enak.

Seterusnya masukkan semua bahan-bahan lain termasuk udang ( kecuali pewarna kuning telur & garam). Masukkan bahan tumis tadi ke dalam periuk nasi. Bila nasi dah masak, baru titiskan pewarna secukupnya. Masukkan udang yang telah digoreng tadi kedalam periok. Masukkan sekali rempah kerng yang telah disediakan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi goreng udang ala biryani yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on