This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buat Nasi Hainan dengan Rice cooker Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Scott Arnold

Buat Nasi Hainan dengan Rice cooker
Buat Nasi Hainan dengan Rice cooker

Anda sedang mencari ide resep buat nasi hainan dengan rice cooker yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal buat nasi hainan dengan rice cooker yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari buat nasi hainan dengan rice cooker, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan buat nasi hainan dengan rice cooker enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Untuk membuat Nasi Hainan ini tidak perlu ribet. Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan menggunakan rice cooker. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya?

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan buat nasi hainan dengan rice cooker sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Buat Nasi Hainan dengan Rice cooker memakai 12 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Buat Nasi Hainan dengan Rice cooker:
  1. Gunakan 2-3 lt Kaldu ayam dari rebusan Ayam Kampung utk Pek Cam Ke
  2. Sediakan 4 gelas Beras (me : rice cooker ukuran 2 lt)
  3. Ambil 2 sdm margarin / mentega
  4. Gunakan 2 sdm minyak wijen
  5. Siapkan 2 sdm kecap asin
  6. Sediakan 5 siung bawang putih pilih yg besar² dirajang sampai halus
  7. Gunakan 3 ruas jari jahe, kupas kulitnya, cuci lalu dikeprak saja
  8. Gunakan 1 sdm garam,
  9. Ambil 1/2 sdm gula,
  10. Siapkan 1/2 sdt lada
  11. Ambil 1 sdm saus tiram,
  12. Ambil 1 /2 sdt kaldu jamur (me: Totole)

Yuk simak step by step cara pembuatannya di bawah ini. Resep nasi ayam hainan yang selama ini ingin sekali saya buat, akhirnya buat juga dengan versi rice cooker dan rendah lemak (harapannya.he he he). Kalau melihat resep-resep yang beredar ya memasak nasi ayam hainan ya menggunakan ayam utuh (tanpa kepala, leher, ceker). Sementara menunggu, buat minyak daun bawang (tuang minyak panas ke atas irisan daun bawang).

Langkah-langkah membuat Buat Nasi Hainan dengan Rice cooker:
  1. Cuci bersih beras, kemudian sisihkan.
  2. Panaskan margarin di wajan setelah meleleh lgs masukkan bawang putih cincang + jahe aduk sampai wangi, masukkan minyak wijen, aduk kembali.
  3. Kemudian masukkan beras yg sudah dicuci ke wajan tadi, ingat tanpa air ya.. kecilkan api, lalu aduk sampai merata, lalu masukkan semua bumbu (lada, garam, gula, kaldu jamur bubuk, saus tiram) aduk sampai rata dan menyerap semua (pasti ada air sedikit, tunggu sampai menyerap) lalu matikan.
  4. Pindahkan beras yg diwajan kedalam Rice cooker, isi dan padatkan (sedikit dihentak²an spy padat) lalu tuangkan kaldu ayam sebanyak anda biasa memasak nasi kalau memakai air.
  5. Banyaknya kaldu sesuai dgn jenis beras yg biasa kita masak, kalau beras pulen (takut air 🤭) masak 2 gelas maka ukuran di airnya menjadi 2,5. Kalau beras pera (tidak takut air 😆) masak 2 gelas maka ukuran di airnya bisa 3 atw lebih (me: masak 4 gelas kaldu saya lebihkan jadi 4,5 diukuran airnya)
  6. Setelah itu, jangan lupa pencet tombol memasak (cook) dan pasang listriknya ya.. tunggu sampai nasi matang, diamkan 10 menit dulu, baru dibuka. Setelah buka aduk² nasi, kalau terlalu keras, bisa + kaldu lagi, lalu masak lagi (pencet tombol cook lagi) kalau sdh pas, aduk kembali, siap dihidangkan..
  7. Air sisa kaldu ayam saya masih ada, saya tambahkan garam, kaldu jamur bubuk dan kecap asin sedikit, lalu tambahkan sawi putih yg sudah dipotong - potong, didihkan lagi sebentar, nah.. bisa jadi kuah tambahan deh..

Sajikan nasi hainan dengan minyak daun bawang, chili oil/chili sauce, irisan timun dan kecap asin. Resep Nasi Hainan mudah bisa jadi menu enak ala restoran. Dari pada makan di luar, yuk mending buat resep nikmat ini di rumah. Membuat nasi hainan di rumah sangat mudah dilakukan, apalagi dengan menggunakan rice cooker. Yang Anda butuhkan untuk membuat nasi hainan ini adalah satu ekor ayam kampung, beras dan juga bahan bahan lainnya yang mudah ditemukan di dapur Anda.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan buat nasi hainan dengan rice cooker yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on