This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Hainam yang Bisa Manjain Lidah

 ·  โ˜• 3 menit waktu baca  ·  โœ๏ธ Dora Lucas

Nasi Hainam
Nasi Hainam

Anda sedang mencari ide resep nasi hainam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi hainam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi hainam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi hainam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah.menjawab request utk yg asli, kali ini sy share resep keluarga. Kakek sy asli orang Hainam (RRC). Lets Cook!๐Ÿ˜˜ Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi hainam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Hainam memakai 24 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Hainam:
  1. Siapkan 1/2 kg ayam dada
  2. Gunakan 6 siung bawang putih geprek
  3. Gunakan 3 cm jahe iris
  4. Sediakan 5 batang daun bawang
  5. Sediakan Garam
  6. Gunakan Kaldu jamur
  7. Siapkan Bahan Nasi:
  8. Siapkan 3 cup beras
  9. Ambil Air kaldu ayam
  10. Ambil Mentega
  11. Siapkan 2 sdm minyak wijen
  12. Gunakan 5 siung bawang putih haluskan
  13. Ambil 3 jahe dihaluskan
  14. Gunakan 2 sdm saus tiram
  15. Ambil 2 sdm kecap ikan
  16. Sediakan Bahan Soy Sauce:
  17. Siapkan 1 sdm Kecap ikan
  18. Ambil 1 siung bawang putih
  19. Sediakan 2 cm jahe geprek
  20. Gunakan 150 air
  21. Gunakan 1 sdm mentega
  22. Ambil 1 sdm kecap manis
  23. Gunakan 1 sdm saus tiram
  24. Siapkan 1/2 sdm maizena larutkan

Nasi Hainan merupakan nasi yang diberi bumbu kaldu ayam sehingga nasinya memiliki cita rasa gurih dan harum. Nasi Hainan biasa juga disebut dengan Nasi Minyak. Nasi Hainan dilengkapi dengan ayam yang sudah direbus, ayam yang dipilih untuk melengkapi Nasi Hainan biasanya ayam yang gempal dan matang. Tapi dalam gaya Kanton, ayam yang digunakan adalah ayam yang masih muda agar dagingnya lebih lembut.

Cara menyiapkan Nasi Hainam:
  1. Cara buat ayam : rebus ayam dengan bawang putih, jahe, daun bawang, garam dan kaldu jamur hingga mendidih dan Buang kotoran atau buih nya.masak hingga ayam matang.
  2. Sisihkan ayam,Saring airnya dan jadikan airnya untuk menanak nasi.
  3. Cara buat nasi : tumis jahe, bawang putih dengan mentega, masukan beras dan masukan minyak wijen, saus tiram, kecap ikan, aduk rata.. Matikan kompor.
  4. Pindah kan beras ke rice cooker masukan air kaldu sebanyak seperti kita biasa memasak nasi. Jika kurang bisa tambah dengan air biasa. (Air kaldu asin, agar nasinya ad rasanya)
  5. Cara buat soy sauce : tumis bawang putih dengan mentega, dan masukan bahan sisanya kecuali maizena. Biarkan mendidih baru masukan larutan maizena. Koreksi rasa.
  6. Angkat tuang di atas ayam yg telah dipotong2.. Siao di santap.
  7. Selamat mencoba๐Ÿ˜‰

Nasi Ayam Hainan yang saya masak hari ini sangat sedap, nasinya sangat enak, ayam pulak sangat lembut. Boleh katakan semuanya sedap, sedap, sedap jer. Jom kita layan gambar gambar dan resepinya. Mungkin kamu mengenal Nasi Hainam di Jakarta sebagai makanan yang menunjukkan identitas Singapura. Memang benar, menu ini sangat populer di negara tersebut, padahal aslinya berasal dari sebuah tempat bernama Hainan di daratan China.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi hainam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on