This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi ayam hainam (simple) Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Landon Norton

Nasi ayam hainam (simple)
Nasi ayam hainam (simple)

Lagi mencari ide resep nasi ayam hainam (simple) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainam (simple) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainam (simple), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi ayam hainam (simple) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Sedapnya Nasi Ayam Hainan perkongsian Cikgu Afy Al Habibi ni. Rupanya tak sukar pun nak sediakan hidangan ini secara homemade. Lihatlah hasilnya, Nampak sedap dan macam sajian yang dibeli di restoran kan?

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi ayam hainam (simple) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi ayam hainam (simple) memakai 8 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi ayam hainam (simple):
  1. Ambil 1 ekor ayam potong
  2. Siapkan 3 cups beras
  3. Siapkan 10 siung bawang putih, haluskan
  4. Sediakan Seruas jahe, geprek
  5. Siapkan 3 sdm kecap asin
  6. Gunakan 2 sdm minyal wijen
  7. Ambil 1 sdm kaldu bubuk (bisa di skip)
  8. Sediakan Secukupnya garam, merica, air

Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua.

Cara menyiapkan Nasi ayam hainam (simple):
  1. Campur ayam, bawang putih halus, jahe geprek, kecap asin, minyaknwijen, garam, lada, kaldu bubuk dan air (agak banyak), ingkep ayam sampai empuk dg api kecil kurleb 45 menit
  2. Angkat ayam, pisahkan ayam dan sisa air ungkepan
  3. Masak beras dg air ungkepan ayam, tambahkan air biasa bila kurang(bisa dimasak dg rice cooker atau masak biasa)
  4. Panaskan minyak goreng, goreng ayam sampai ke coklatan
  5. Kuah : secukupnya air, beri garam, kaldu bubuk, sedikit kecap asin, lada, didihkan, kemudian masukkan sawi sebentar

Di sini kami nak kongsikan satu resepi nasi ayam simple t api cukup power, hasil air tangan Puan Rosma Ros. Yang paling menyelerakan tentulah ayam gorengnya yang cantik berkilat. Dimakan pula panas-panas dengan nasi yang lembut, sup yang sedap dihirup, kicap yang menaikkan rasa dan sos yang memukau - mesti terangkat! Resepi Nasi Ayam yang memang pasti sedap dan sangat sesuai dihidangkan untuk majlis-majlis tertentu. Sangat berbaloi mencuba resepi ini walaupun nampak sukar dan munggunakan bahan yang banyak.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi ayam hainam (simple) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on