This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Ayam Hainan Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Josie Stone

Nasi Ayam Hainan
Nasi Ayam Hainan

Sedang mencari ide resep nasi ayam hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi ayam hainan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi ayam hainan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Hainan memakai 34 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi Ayam Hainan:
  1. Sediakan Bahan Rebusan Ayam
  2. Ambil 1/2 ekor ayam
  3. Sediakan 2 liter air
  4. Siapkan 1 buah bawang bombay
  5. Siapkan 3 siung bawang putih
  6. Sediakan 2 batang daun bawang
  7. Siapkan 1 1/2 sdm garam
  8. Ambil 1/2 sdm gula pasir
  9. Sediakan 2 sdm kaldu jamur
  10. Ambil Bahan Nasi Hainan
  11. Ambil 1/2 kg beras
  12. Siapkan 550 ml kaldu ayam
  13. Gunakan 1 sdt kaldu jamur
  14. Sediakan 2 sdm minyak wijen
  15. Ambil 3 siung bawang putih
  16. Sediakan 2 siung bawang merah
  17. Sediakan 1 lembar daun pandan
  18. Ambil 2 ruas jahe
  19. Ambil 2 sdm minyak ayam
  20. Sediakan Bahan Sambal Bawang Putih
  21. Siapkan 4 siung bawang putih
  22. Sediakan 1 ruas jahe
  23. Gunakan 2 sdm minyak goreng
  24. Gunakan Bahan Saus Asin
  25. Siapkan 4 sdm kecap asin
  26. Siapkan 4 sdm minyak ikan
  27. Sediakan Bahan Sambal Cabai
  28. Ambil 10 buah cabai rawit
  29. Sediakan 1/2 buah jeruk lemon
  30. Sediakan 200 ml kaldu ayam
  31. Siapkan Bahan Pelengkap
  32. Sediakan Pakchoy
  33. Sediakan Daun seledri
  34. Siapkan Bawang putih goreng

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Ayam Hainan:
  1. Rebusan Ayam : masukan semua bahan tunggu hingga mendidih, setelah mendidih buang buih yg ada di permukaan sampai kaldu menjadi bening, masak dengan api kecil sekitar 45 menit, angkat ayam dan diamkan selama 5-10 menit di air dingin, gunanya untuk memberhentikan proses masak di ayam nya itu sendiri agar tidak over cook, lalu olesi dengan minyak wijen agar ayam tidak kering.
  2. Nasi Hainan : tumis bahan untuk nasi hainan kecuali beras, masak sampai harum lalu masukan beras dan kaldu ayam sekitar 1 gelas, masak hingga kaldu sedikit menyusut lalu masukan ke dalam rice cooker,
  3. Sambal Bawang Putih : sambil menunggu nasi matang kita bikin sambal bawang putih, parut bawang putih dan jahe atau bisa ulek, tumis sesaat bawang putih dan jahe lalu angkat, bisa juga disiram minyak panas yaa,
  4. Saus Asin : campurkan kecap asin dan kecap ikan, sajikan,
  5. Sambal Cabai : haluskan cabai tambahkan kaldu ayam dan lemon, bisa ditambah sedikit kaldu jamur, sajikan,
  6. Penyajian : rebus pakchoy, potong dadu bawang putih lalu goreng, tata di piring saji nasi hainan, ayam rebus dan pakchoy, taburi dengan bawang putih goreng.

Kalau buat, saya suka guna resepi nasi ayam hainan chinese style. Tambah-tambah cicah ayam ke dalam kicap masin, sambil cili simple dan paling penting, sos halia bersama bawang putih. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan. Oleh kerana saya belum sempat menyediakannya sendiri, jadi saya guna gambar lama.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on