This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Hainan, Sempurna

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Philip Fletcher

Nasi Hainan
Nasi Hainan

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi hainan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore. There are some Chinese restaurants in Indonesia that serve this dish.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi hainan, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi hainan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi hainan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Hainan menggunakan 34 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Hainan:
  1. Gunakan Bahan nasi
  2. Gunakan 400 gr beras
  3. Ambil 2 siung bawang putih memarkan
  4. Sediakan 2 cm jahe memarkan
  5. Siapkan 550 ml kaldu ayam
  6. Siapkan 3 sdm minyak goreng
  7. Siapkan 2 sdm minyak wijen
  8. Sediakan 2 1/2 sdt garam
  9. Ambil Bahan ayam rebus
  10. Siapkan 1 ekor ayam
  11. Gunakan Jahe dihaluskan untuk olesan
  12. Gunakan Garam secukupnya untuk olesan
  13. Ambil 1 sdm minyak wijen untuk olesan
  14. Gunakan 3 cm jahe, geprek
  15. Siapkan 1 batang daun bawang, potong kecil
  16. Gunakan 1,5 L air
  17. Siapkan 5 sdt garam
  18. Gunakan 1/4 sdt gula pasir
  19. Ambil Bahan Kuah
  20. Siapkan 1,3 L dari rebusan ayam
  21. Gunakan 1/4 sdt lada bubuk
  22. Sediakan 1 batang daun bawang (pakai hijaunya aja), potong sesuai selera
  23. Gunakan Bahan Tumis Pokcoy
  24. Siapkan 3 ikat baby pokcoy
  25. Ambil 2 siung bawang putih cincang
  26. Ambil 3 sdm saus tiram
  27. Gunakan 50 ml air
  28. Ambil secukupnya Minyak goreng
  29. Siapkan Bahan Sambal
  30. Sediakan 5 buah cabai merah besar direbus
  31. Gunakan 10 buah cabai rawit merah direbus
  32. Gunakan 1 buah tomat sedang direbus
  33. Siapkan secukupnya Garam
  34. Ambil Minyak goreng

KUAH: Panaskan kembali sisa kuah kaldu, masukan daun seledri. Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. nasi hainan nasi hainan singapore fuyunghai ayam szechuan ayam hainan Resep 'nasi hainan ricecooker' paling teruji. Nasi hainan adalah salah satu menu yang biasanya dapat dengan mudah ditemukan di restoran Chinese Food.

Cara membuat Nasi Hainan:
  1. Nasi: tumis bawang putih dan jahe, campurkan minyak wijen dan minyak goreng hingga harum. Tambahkan beras kemudian aduk hingga rata, oleskan minyak wijen. Masukkan kaldu, garam dan minyak wijen. Kukus kurang lebih 20 menit.
  2. Ayam rebus: oleskan ayam dengan campuran jahe, garam, dan minyak wijen. Masukkan jahe geprek, daun bawang, dan garam ke ayam hingga terendam dan rebus kurang lebih 20 menit. Potong-potong ayam sesuai selera.
  3. Kuah: Kaldu tambahkan lada kemudian beri taburan potongan daun bawang.
  4. Tumis pokcoy: tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan saus tiram dan air. Aduk hingga rata. Masak hingga mendidih dan matang.
  5. Sambal: uleg semua bahan sambal hingga lembut. Kemudian tumis sambal.
  6. Nasi hainan beri taburan bawang goreng (bila suka) siap disajikan bersama ayam, tumis pokcoy, dan sambal.

Nasi ini bukan berasal dari provinsi Hainan di China, tapi dari Singapura. Ciri khas dari nasi hainan adalah rasanya yang gurih. Lihat juga resep Nasi Ayam Hainan Khas Singapore (Beras Coklat Organik) enak lainnya. Nasi hainan paling lezat dinikmati dengan ayam rebus. Kalau ingin menikmati santapan nasi hainan klasik ini, kamu bisa menikmatinya di Sanki!

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Hainan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on