This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Ayam Briyani khas India, Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Josephine Cox

Nasi Ayam Briyani khas India
Nasi Ayam Briyani khas India

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi ayam briyani khas india yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam briyani khas india yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Nasi Ayam Briyani khas India enak lainnya. Nasi Ayam Briyani khas India Alsya Mushallina Lhokseumawe. Untuk pelengkap anda bisa menambahkan kismis pada nasinya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam briyani khas india, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi ayam briyani khas india enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi ayam briyani khas india sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Briyani khas India memakai 17 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi Ayam Briyani khas India:
  1. Siapkan 6 potong ayam
  2. Gunakan 50 ml air
  3. Siapkan 3 lbr daun salam
  4. Gunakan rempah-rempah:
  5. Gunakan 7 buah cengkeh
  6. Gunakan 2 buah kapulaga
  7. Ambil 1 buah bunga lawang
  8. Ambil 1 ruas kayu manis
  9. Ambil bumbu:
  10. Ambil 1 buah tomat, buang biji kemudian cincang dadu
  11. Siapkan 3 sdm plain yoghurt
  12. Sediakan 1 ruas jahe
  13. Sediakan 1 kelingking kunyit
  14. Gunakan 2 sdm cabe bubuk
  15. Gunakan 4 sdm bawang goreng
  16. Gunakan garam dan gula
  17. Gunakan 3 sdm margarin untuk menumis

Nasi briyani adalah campuran nasi dengan bumbu khas India dan dibuat dengan tambahan daging kambing, sapi, atau domba. Nasi briyani punya rasa yang gurih karena rempah-rempah yang terkandung di dalamnya. Menggunakan bahan pokok nasi dan roti makanan khas India tak hanya pani puri dan nasi briyani. Di nomor pertama ada ayam tandoori yang kepopulerannya sudah merambah hingga mancanegara.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Ayam Briyani khas India:
  1. Haluskan jahe dan kunyit (saya ulek).
  2. Dalam 1 wadah campurkan ayam dengan jahe, kunyit, yoghurt, garam, cabe bubuk, bawang goreng, tomat cincang. Aduk dan biarkan selama 15 menit.
  3. Tumis rempah2 dan daun salam sampai harum.
  4. Masukkan ayam beserta bumbu rendamannya. Masak sekitar 5 menit.
  5. Ambil +/- 2 sendok sayur bumbu rendaman untuk memasak nasi. Saya memasak nasi nya menggunakan magic jar seperti biasa, memakai air dan tdk memakai santan. Hanya ditambahkan sedikit bumbu rendaman ayam saja.
  6. Kembali ke tahap nomor 4. Setelah ayam stengah matang. Masukkan air. Masak kembali dg api sedang hingga ayam matang dan bumbu mengental.

Nasi biryani yang "non-vegetarian" (bukan untuk pemakan sayur saja) Hyderabad dikenal di seluruh India. Daging yang dipakai adalah daging kambing atau daging ayam. Terkadang, Potongan kentang dimasak bersama daging. Berdasarkan cara memasak, biryani dibagi menjadi dua jenis pakki biryani dan kacchi biryani. Daging untuk pakki biryani dimasak terpisah hingga matang sebelum dimasak dengan beras.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi ayam briyani khas india yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on