This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi ayam hainan yang Sempurna

 ·  β˜• 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Emilie Harris

Nasi ayam hainan
Nasi ayam hainan

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi ayam hainan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam hainan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi ayam hainan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi ayam hainan memakai 30 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi ayam hainan:
  1. Siapkan Nasi hainan
  2. Gunakan nasi hainan
  3. Gunakan 5 cup beras cuci bersih
  4. Sediakan 10 siung bawang putih (geprek)
  5. Sediakan 1 ruas jahe (iris)
  6. Gunakan 4 sdm kecap asin
  7. Sediakan 4 sdm saus tiram
  8. Siapkan 2 sdm minyak wijen
  9. Ambil secukupnya Lada bubuk
  10. Siapkan 2 btg daun pandan
  11. Sediakan Minyak untuk menumis
  12. Siapkan Air matang/air rebusan ayam
  13. Siapkan Rebusan ayam
  14. Gunakan 1 ekor ayam potong 4 bagian
  15. Ambil 1/2 bh bawang bombang iris
  16. Siapkan 1 batang daun bawang rajang kasar
  17. Gunakan Daun seledri rajang kasar
  18. Ambil 3 siung bawang putih geprek
  19. Siapkan secukupnya Garam,gula,kaldu jamur
  20. Gunakan Minyak ayam
  21. Ambil 3 sdm bawang putih cincang goreng (plus minyaknya)
  22. Gunakan 3 sdm minyak wijen
  23. Ambil 6 sdm kecap asin
  24. Ambil Sambal
  25. Sediakan 10 bh cabe merah
  26. Sediakan 6-10 bh cabe rawit setan
  27. Ambil 2 siung bawang putih
  28. Ambil 1 sdm air lemon
  29. Gunakan secukupnya Garam,gula
  30. Ambil secukupnya Air panas

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Cara membuat Nasi ayam hainan:
  1. Bersihkan ayam lalu didihkan air panas,setelah mendidih masukan ayam..rebus sebentar sampai semua kotorannya keluar..lalu angkat
  2. Didihkan kembali air,masukan bawang bombay,bawang putih,daun bawang dan daun seledri..setelah itu masukan ayam,garam,gula dan kaldu jamur..tutup panci masak kurang lebih 10 menit setelah itu matikan api diamkan ayam dengan panci tertutup kurang lebih 15 menit…setelah itu angkat ayam lalu potong2 (air rebusan jangan dibuang)
  3. Untuk memasak nasi nya,tumis bawang putih dan jahe sebentar lalu masukan beras,kecap asin,saus tiram,minyak wijen,dan lada bubuk..aduk aduk sebentar jangan sampe beras gosong
  4. Setelah itu masukan beras kedalam ricecooker tambahkan daun pandan dan air rebusan ayam (air sesuai takaran masak nasi biasa).masak nasi sampai matang
  5. Untuk minyak ayam, campur semua bahan lalu guyurkan diatas ayam rebus yang sudah dipotong potong
  6. Untuk sambal, rebus smua cabe dan bawang putih lalu blend.setelah itu tambahkan garam,sedikit air panas dan perasan jeruk nipis
  7. Jika ingin membuat kuah nasi hainan, panaskan sisa rebusan ayam,tambahkan air jika dirasa kurang.lalu tambahkan garam,kaldu jamur,lada putih bubuk, bawang daun dan seledri yang sudah dirajang halus dan daun bawang.rebus hingga mendidih…selamat mencoba

Nasi Ayam Hainan Paling Senang Buat Menu nasi ayam memang disukai ramai, Cara membuatnya mudah maka resipi ini sering dibuat tambah pula bila tiba-tiba menerima kunjungan tetamu. Boleh buat untuk hidangan makan tengahari anda nanti. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Nasi ayam Hainan juga cukup populer di Indonesia karena mayoritas masyarakatnya mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi ayam hainan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on