This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Ayam Hainan Praktis yang Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Phillip Soto

Nasi Ayam Hainan Praktis
Nasi Ayam Hainan Praktis

Lagi mencari ide resep nasi ayam hainan praktis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan praktis yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan praktis, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi ayam hainan praktis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi ayam hainan praktis yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Ayam Hainan Praktis memakai 6 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Ayam Hainan Praktis:
  1. Siapkan 300 gr dada ayam fillet
  2. Siapkan 300 gr beras
  3. Ambil 400-500 ml air
  4. Gunakan 1 shachet bumbu Bamboe
  5. Sediakan 3 sdm kecap asin
  6. Sediakan 3 sdm minyak wijen

Seharian ini hujan terus di Batam, mager kluar rumah jadilah bikin masakan yg praktis aja. Biasanya kita menikmati kelezatan ayam dengan cara digoreng, dipanggang, atau dimasak kuah. Sesekali ganti cara pengolahan daging ayam tanpa digoreng seperti Nasi Ayam Hainan yuk, Bun! Bikinnya praktis banget, sangat cocok menjadi menu santap sahur.

Cara menyiapkan Nasi Ayam Hainan Praktis:
  1. Rebus ayam dg air sebentar saja, sisihkan ayam&sisakan 2 sdm kaldu
  2. Cuci beras, masukan majic jar beserta kaldu. Tambahkan bumbu Bamboe&susun dada ayam
  3. Utk saus cocolan 2 sdm kaldu ditambahkan 3 sdm minyak wijen& 3 sdm kecap asin, dipanaskan
  4. Setelah matang, cetak nasi& potong2 dada ayam. Sajikan beserta saus

Proses merebus ayam bisa Bunda lakukan di malam harinya, juga dengan nasinya. Dan hangatkan kembali saat akan disajikan, praktis bukan? Nasi Ayam Hainan atau Nasi Hainan adalah nasi gurih yang dimasak dengan minyak ayam, kaldu ayam, jahe dan daun pandan atau daun bawang. Masakan ini merupakan masakan Tionghoa yang sering dijumpai di Malaysia, Singapura, Thailand serta di wilayah Hainan, China. Lihat juga resep Nasi ayam hainan enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi ayam hainan praktis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on