This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Ayam Hainan, Lezat Sekali

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Myrtle Young

Nasi Ayam Hainan
Nasi Ayam Hainan

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi ayam hainan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi Ayam Hainan memakai 17 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Ayam Hainan:
  1. Siapkan 2 potong daging ayam
  2. Gunakan 2,5 gelas takar beras
  3. Siapkan 2 buah wortel
  4. Gunakan 1,5 ruas jari jahe
  5. Gunakan 4 siung bawang putih, cacah kasar
  6. Gunakan 2 lembar daun salam
  7. Gunakan 1 batang sereh
  8. Sediakan 1 batang daun bawang
  9. Siapkan Garam
  10. Sediakan Gula putih
  11. Sediakan Kaldu bubuk
  12. Ambil Merica
  13. Sediakan Sambal
  14. Siapkan 5 buah cabe rawit
  15. Sediakan 2 siung bawang putih
  16. Ambil 1/2 ruas jari kencur
  17. Gunakan Garam

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Langkah-langkah membuat Nasi Ayam Hainan:
  1. Cuci bersih ayam, balur dengan garam lalu cuci kembali
  2. Rebus ayam lalu buang air rebusan pertama. Lalu rebus kembali dengan takaran sesuai takaran untuk memasak nasi (dilebihkan 1 gelas)
  3. Tambahkan daun bawang dan jahe pada rebusan ayam tadi. Rebus sekitar 15 menit lalu matikan api dan tutup rapat
  4. Tumis 1 ruas jari jahe dan 3 siung bawang putih, daun salam, sereh, dan tambahkan wortel yang sudah dipotong dadu kecil
  5. Siapkan beras yang sudah di cuci dalam wadah ricecooker, masukkan air kaldu (daun bawang jangan dibawa), tambahkan bahan yang sudah ditumis, lalu tambahkan garam, merica, kaldu bubuk.. Aduk sedikit dan koreksi rasa
  6. Simpan daging ayam diatas beras. Masak beras dalam ricecooker seperti biasa
  7. Untuk membuat kaldu, sisa kaldu ayam ditambahkan air 1 gelas belimbing, masukkan 1 siung bawang putih yang sudah ditumis, tambahkan garam, merica, gula putih dan kaldu bubuk.. koreksi rasa dan masak hingga mendidih
  8. Untuk sambal, ulek semua bahan sambal hingga halus. Lalu siram dengan air
  9. Setelah nasi matang, aduk dan hidangkan dengan suwiran daging ayam yang tadi dimasak sekalian.. Hidangkan dengan kuah sup dan sambal

Nasi Ayam Hainan Paling Senang Buat Menu nasi ayam memang disukai ramai, Cara membuatnya mudah maka resipi ini sering dibuat tambah pula bila tiba-tiba menerima kunjungan tetamu. Boleh buat untuk hidangan makan tengahari anda nanti. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Ayam Hainan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on