This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan 17. Nasi Ayam Hainam Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Barbara Cruz

17. Nasi Ayam Hainam
17. Nasi Ayam Hainam

Anda sedang mencari ide resep 17. nasi ayam hainam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal 17. nasi ayam hainam yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 17. nasi ayam hainam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan 17. nasi ayam hainam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore. There are some Chinese restaurants in Indonesia that serve this dish.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah 17. nasi ayam hainam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat 17. Nasi Ayam Hainam menggunakan 28 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan 17. Nasi Ayam Hainam:
  1. Ambil 1/2 kg ayam (saya ambil yang dada)
  2. Gunakan Untuk mencuci ayam :
  3. Sediakan Garam dan jeruk nipis
  4. Siapkan Untuk kaldu :
  5. Gunakan 1,5 liter air
  6. Ambil 2 batang daun bawang (iris besar)
  7. Gunakan 1/2 Bawang bombay (iris besar)
  8. Ambil 2 batang daun pandan (simpulkan)
  9. Ambil 1 ruas jahe (geprek, iris cincang)
  10. Gunakan 3 siung bawang putih (geprek)
  11. Ambil sesuai selera Garam dan kaldu jamur
  12. Siapkan Untuk memasak nasi :
  13. Siapkan 1 sdm margarin
  14. Ambil 1 sdm minyak wijen
  15. Sediakan 2 cup beras
  16. Gunakan 2 siung bawang putih cincang halus
  17. Ambil 1 ruas jahe cincang halus
  18. Sediakan Kaldu bekas merebus ayam sesuai takaran memasak nasi
  19. Ambil Untuk saos :
  20. Gunakan 3 sdm saos siracha homemade saya buat sendiri
  21. Siapkan 1 sdm kecap asin
  22. Gunakan secukupnya Gula pasir
  23. Sediakan 2 siung bawang putih cincang halus
  24. Sediakan 1 ruas jahe cincang halus
  25. Sediakan Secukupnya kaldu jamur
  26. Siapkan Air kaldu ayam
  27. Ambil 1 sdm minyak wijen
  28. Siapkan 1 sdm margarin

Nasi ayam Hainan ini dihidangkan dengan sos Thai. Resepi yang dikongsikan super daddy Khairul Abdullah ini sangat mudah, beginner atau sesiapa yang tak pernah masuk dapur pun kalau buat mesti confirm jadi! Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua.

Cara menyiapkan 17. Nasi Ayam Hainam:
  1. Mencuci ayam: cuci ayam di air yang mengalir kemudian Lumuri ayam dengan garam dan jeruk nipis, biarkan sebentar agar bau amis di ayam hilang. Cuci kembali dengan air mengalir kemudian ulang lagi dg melumuri garam dan jeruk nipis.
  2. Setelah ayam bersih, masukan bumbu kaldu ke dalam panci, air dan masukan juga ayam.
  3. Masak hingga ayam matang dan empuk. Biarkan dahulu ayam panci setelah matang selama kurang lebih 15 menit (agar ayam tetap empuk dan tidak keras) jangan lupa cicipi kaldunya ya, rasa tidak boleh hambar karena akan dicampur kan ke beras nanti
  4. Sementara menunggu ayam diangkat, kita buat nasinya. Panaskan wajan beri 1 sdm mentega dan 1 sdm minyak wijen tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukan beras yang telah dicuci bersih. Sangrai beras sampai wangi dan kering.
  5. Setelah beras kering, masukan ke dalam rice cooker. Ambil air kaldu bekas merebus si ayam, ambil sesuai takaran memasak nasi seperti biasa (air kaldu disaring dulu agar kotoran bekas merebus ayam tidak ikut tercampur) setelah diberi air kaldu masukan 2 daun pandan dan 1 sdm minyak wijen. Dan masak seperti biasa sampai matang
  6. Setelah ayam dibiarkan 30 menit, angkat ayam beri 1 sdm minyak wijen dan 1 sdm margarin Lumuri hingga merata. Dan kemudian beri bawang putih yang sudah digoreng.
  7. Untuk saos nya : panaskan wajan beri 1 sdm margarin dan 1 sdm minyak wijen tumis bawang dan jahe samoai harum, masukan kecap asin, saos siracha, dan gula. Didihkan dan beri sedikit air larutan maizena
  8. Nasi hainan siap dihidangkan.

Hidangkan ayam rebus bersama nasi hainam. yummy dimakan selagi hangat. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend. Resipi Siakap Kengsom Thai Paling Sedap & Mudah Masak. Kuih Tradisional Sedap Yang Makin Susah Nak Jumpa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan 17. nasi ayam hainam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on