This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Hainan dan ayam rebus siram yang Enak Banget

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Amanda Carroll

Nasi Hainan dan ayam rebus siram
Nasi Hainan dan ayam rebus siram

Sedang mencari ide resep nasi hainan dan ayam rebus siram yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi hainan dan ayam rebus siram yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Berikut ini adalah cara untuk mengolah nya. Siapkan bumbu dan bahan untuk Nasi Hainan dan ayam rebus siram : Sediakan Nasi hainan:. Resep Nasi Hainan dan ayam rebus siram.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi hainan dan ayam rebus siram, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi hainan dan ayam rebus siram enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi hainan dan ayam rebus siram yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Hainan dan ayam rebus siram memakai 25 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Hainan dan ayam rebus siram:
  1. Ambil Nasi hainan:
  2. Gunakan 2 cup beras
  3. Siapkan 400 ml kaldu rebusan ayam
  4. Ambil 3 siung bawang putih cincang
  5. Siapkan 1 cm jahe cincang
  6. Siapkan 3 lembar daun pandan, ikat simpul
  7. Siapkan 2 batang sereh, geprek
  8. Gunakan 2 sdm minyak wijen
  9. Siapkan 2 sdm kecap asin
  10. Gunakan Ayam rebus siram:
  11. Sediakan 1 ekor ayam kampung
  12. Ambil 4 siung bawang putih cincang
  13. Ambil 2 ruas jahe cincang
  14. Siapkan 2 lt Air untuk merebus ayam
  15. Ambil 1 lt Air es untuk merendam ayam
  16. Ambil 2 sdt garam
  17. Gunakan Bahan saus siraman ayam:
  18. Gunakan 2 siung bawang putih cincang halus
  19. Sediakan 1 ruas jahe cincang halus
  20. Gunakan 1 sdm saus tiram
  21. Ambil 2 sdm minyak wijen
  22. Sediakan 2 sdm kecap asin
  23. Ambil Kuah kaldu tambahan:
  24. Siapkan 1 mangkuk kuah kaldu ayam
  25. Gunakan Secukupnya daun bawang iris tipis

Tak lengkap hidangan nasi ayam hainan tanpa sosnya. Ada juga yang sediakan kicap pencicahnya, tapi che mat tak buat, sebab ayam tadi kita dan siram dengan sos kicap sebelum dihidangkan. Setelah ayam matang angkat potong kecil kecil atau daging dilepas dari tulang nya sajikan dipiring siram dengan soy sauce, kemudian taburi dengan bawang putih goreng. Sajikan dengan nasi hainan dan kaldu ayam yang sudah disaring air nya.

Cara membuat Nasi Hainan dan ayam rebus siram:
  1. Ayam boleh utuh yaa. Tapi saya potong 4 supaya lebih gampang merebusnya. Rebus dengan air sampai merendam ayamnya. Rebus sampai empuk.
  2. Air rebusan dicampur dengan bawang putih, jahe dan garam.
  3. Sambil merebus ayam, kita siapkan bahan air untuk memasak nasi. Bisa pakai magic com juga ya masaknya. Tumis dulu bawang putih, jahe, sereh dan daun pandan sampai bawang putih terlihat kecoklatan. Lalu tuang ke dalam beras yang telah dicuci bersih. Bila air rebusan ayam sudah mendidih, ambil sebagian untuk memasak nasi. Tumis bawang putih, jahe dan daun pandan tambahkan kecap asin, minyak wijen, saus tiram. Campurkan dengan beras. Masak sampai nasi matang.
  4. Sajikan nasi hainan dengan ayam siram dan kuah kaldu. Kuah kaldunya ambil secukupnya kuah ke dalam mangkuk lalu beri daun bawang.
  5. Cara membuat ayam siramnya: setelah tadi ayam direbus sampai ayam empuk. Keluarkan ayam lalu masukkan ke dalam wadah berisi air es, biarkan 5 menit. Lalu masukkan lagi ke dalam panci rebusan ayam tadi. Tumis bumbu siraman ayam sampai bawang putih kecoklatan. Sisihkan terlebih dahulu. Ambil ayam lalu lepaskan daging dari tulangnya. Tata di piring lalu siram dengan bahan siraman ayam.

Selamat mencoba resep nasi ayam hainan berikut sobat Kepo! Potong daung bawang, campurkan dengan nasi ayam yang sudah matang. Ayam Rebus dan Nasi Hainan. foto: Instagram/@windidandua. Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi hainan dan ayam rebus siram yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on