This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi ayam hainam (simple), Enak Banget

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Tyler Warren

Nasi ayam hainam (simple)
Nasi ayam hainam (simple)

Sedang mencari inspirasi resep nasi ayam hainam (simple) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainam (simple) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore. There are some Chinese restaurants in Indonesia that serve this dish.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainam (simple), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi ayam hainam (simple) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi ayam hainam (simple) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi ayam hainam (simple) menggunakan 8 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi ayam hainam (simple):
  1. Gunakan 1 ekor ayam potong
  2. Sediakan 3 cups beras
  3. Siapkan 10 siung bawang putih, haluskan
  4. Siapkan Seruas jahe, geprek
  5. Ambil 3 sdm kecap asin
  6. Sediakan 2 sdm minyal wijen
  7. Sediakan 1 sdm kaldu bubuk (bisa di skip)
  8. Ambil Secukupnya garam, merica, air

Sedapnya Nasi Ayam Hainan perkongsian Cikgu Afy Al Habibi ni. Rupanya tak sukar pun nak sediakan hidangan ini secara homemade. Lihatlah hasilnya, Nampak sedap dan macam sajian yang dibeli di restoran kan? Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya.

Cara membuat Nasi ayam hainam (simple):
  1. Campur ayam, bawang putih halus, jahe geprek, kecap asin, minyaknwijen, garam, lada, kaldu bubuk dan air (agak banyak), ingkep ayam sampai empuk dg api kecil kurleb 45 menit
  2. Angkat ayam, pisahkan ayam dan sisa air ungkepan
  3. Masak beras dg air ungkepan ayam, tambahkan air biasa bila kurang(bisa dimasak dg rice cooker atau masak biasa)
  4. Panaskan minyak goreng, goreng ayam sampai ke coklatan
  5. Kuah : secukupnya air, beri garam, kaldu bubuk, sedikit kecap asin, lada, didihkan, kemudian masukkan sawi sebentar

Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Di sini kami nak kongsikan satu resepi nasi ayam simple t api cukup power, hasil air tangan Puan Rosma Ros.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainam (simple) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on