This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Goreng Dendeng Lemak yang Sempurna

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Florence Lambert

Nasi Goreng Dendeng Lemak
Nasi Goreng Dendeng Lemak

Sedang mencari ide resep nasi goreng dendeng lemak yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng dendeng lemak yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi goreng dendeng lemak Tiarbah ini enak dan wajar dengan segara ke-viral-annya, Karena merupakan nasi goreng dengan topping lemak pertama yang aku coba (kalau ada yang duluan ya maap, belum pernah coba). Saking viralnya-nasi goreng ini udah ada penirunya. Udah lama gak nulis blog, and I'am back.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi goreng dendeng lemak, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi goreng dendeng lemak enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi goreng dendeng lemak sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Goreng Dendeng Lemak menggunakan 12 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Goreng Dendeng Lemak:
  1. Gunakan 250 gr lemak sapi
  2. Siapkan 6 siung bawang putih
  3. Gunakan 3 jempol lengkuas
  4. Siapkan 2 sdm munjung ketumbar bubuk
  5. Ambil 2 piring nasi dingin
  6. Ambil 3 siung bawang putih, iris
  7. Siapkan 3 siung bawang merah, iris
  8. Siapkan Secukupnya daun bawang
  9. Sediakan 2 butir telur
  10. Ambil Secukupnya bakso (optional)
  11. Siapkan Sesuai selera cabe rawit merah, iris
  12. Siapkan Secukupnya, garam, kaldu jamur, lada, gula pasir

Pertama masukan telur kocok, lalu tambahkan bawang putih dan daun bawang tumis sampai harum, masukan nasi aduk rata tambahkan dendeng dan cabe rawit beri garam dan penyedap masak sampai nasi tidak ada yg memggumpal. REVIEW RASA: NASI GORENG DENDENG LEMAK BY CHEF TIARBAH ~ Cuuuung, yang suka nasi goreeeeeng :D. Makanan yang konon jadi andalan para anak kos ato siapapun yang sedang males masak dan maunya serba cepet :p. Tinggal manfaatin nasi dingin sisa kemarin, dan masukin aja segala leftovers di kulkas, kasih deh bumbu-bumbu basic kayak bawang merah dan putih, margarine, serta jangan lupa, micin wkwkwkwkwk.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Goreng Dendeng Lemak:
  1. Buat dendeng lemaknya terlebih dulu. Haluskan, 6 siung bawang putih, ketumbar dan lengkuas. Iris tipis lemak. Marinasi dgn bumbu halus. Jejerkan di wadah. Jemur sampai warna nya bening spt kristal :)
  2. Saat jemur sy tutup dgn kain tile biar ga dilaletin. N spt yg sy bilang, krn saat sy jemur cuaca ga bersahabat, tiba2 mendung, jd sy oven. Tp lebih enak kl dijemur ya. Kl dijemur itu lbh lumer dimulut krn minyaknya ga banyak keluar spt kl dipanggang pake oven. Di foto yg di dlm gelas itu minyak dr lemak yg keluar saat dioven, itu sy foto setelah disimpan dikulkas, jd minyak beku. So saran sy lbh baik dijemur.
  3. Jika dendeng lemak sdh siap dipakai, skrg buat nasgor nya yuk. Sama spt bikin nasgor biasa qo cuma ini ga pake kecap. Panaskan minyak dlm wajan. Buat orak arik telur. Pinggirkan telur, masukkan bawang merah n bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan lemak, goreng sembentar. Krn sy ad minyak dr si dendeng lemak yg sy oven td, jd sy tambahkan 1/2sdm minyak lemak (yg digelas td) ini bikin rasa nasgor nya jd lebih rich of taste. Masukkan daun bawang, cabe n bakso. Aduk rata.
  4. Masukkan nasi, aduk rata dgn api besar. Kemudian kecilkan api, masukkan garam, gula, kaldu jamur n lada bubuk. Aduk rata dengan api besar. Koreksi rasa, sajikan selagi panas. Hhmmm rasakan lemak yg meleleh di dlm mulut. Endeus bgt.
  5. Note : pastikan nasi yg dipakai nasi dingin/suhu ruang. Kalau dendeng lemaknya dijemur. Sblm bikin nasgor lemaknya bisa digoreng di awal, baru kemudian orak arik telur n tumis bawang dr minyak n wajan yg sama setelah dendeng lemaknya digoreng.

Setelah itu, ia mencoba memadukan dendeng lemak tersebut dengan nasi goreng. Hasilnya ternyata enak dan ia mengonsumsinya untuk pribadi. Istri chef Tiarbah lantas memotret <b>nasi goreng. Nasi goreng dendeng lemak sempat menjadi viral karena rasanya yang sangat gurih dan lezat. Sesuai namanya, varian nasi goreng yang satu ini dikombinasikan dengan dendeng lemak sapi dan bumbu khas Indonesia yang membuat rasanya menjadi unik.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi goreng dendeng lemak yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on