This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Ayam Hainam Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Bruce Curtis

Nasi Ayam Hainam
Nasi Ayam Hainam

Anda sedang mencari ide resep nasi ayam hainam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainam yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam hainam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi ayam hainam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi ayam hainam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Hainam memakai 25 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Ayam Hainam:
  1. Ambil Bahan Nasi Ayam
  2. Ambil 1/2 L beras
  3. Sediakan 5 siung bawang putih geprek, iris
  4. Ambil 1 jempol jahe iris
  5. Ambil 1,5 sdm saos tiram
  6. Siapkan 1,5 sdm kecap asin
  7. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk
  8. Gunakan 1/2 sdt garam
  9. Sediakan 1/2 sdt minyak wijen
  10. Gunakan 2,5 sdm minyak untuk menumis
  11. Siapkan 700 ml Air rebusan ayam
  12. Sediakan Bahan Ayam Rebus
  13. Gunakan 1/2 kg ayam bagian paha
  14. Sediakan 1 sdt garam
  15. Sediakan 400 ml air untuk merebus ayam pertama
  16. Gunakan 800 ml air untuk merebus ayam kedua
  17. Sediakan Bahan racikan bawang putih untuk ayam rebus
  18. Sediakan 7 siung bawang putih cincang
  19. Sediakan 5 sdm minyak untuk menggoreng
  20. Ambil Bahan campuran minyak untuk diguyur diatas ayam rebus
  21. Ambil 1/2 sdm minyak bawang putih
  22. Siapkan 1/2 sdm minyak wijen
  23. Gunakan 1 sdm kecap asin
  24. Sediakan Bahan pelengkap
  25. Siapkan 3 tangkai pokchoy rebus

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Langkah-langkah membuat Nasi Ayam Hainam:
  1. ✔️NOTE : bisa menggunakan ayam negri, asal ayamnya diberi 1-2 sendok cuka seluruhnya (atau air jeruk nipis), diamkan 3-5 menit, bilas beberapa kali di air mengalir hingga ayam bersih dan kesat, baru diolah seperti biasa. Cara ini supaya ayam tidak amis, dan lendir dibersihkan/keluar semua. ✔️Ayam Rebus ke 1 : didihkan air, masukkan ayam hingga keluar kotorannya (air rebusan keruh). Angkat ayam, buang airnya. Bilas bersih ayam.
  2. Ayam Rebus ke 2 : rebus kembali ayam di air rebusan yang baru (air menutupi seluruh ayam). Biarkan hingga mendidih, tutup panci, matikan api kompor. Diamkan selama 15 menit. Lalu nyalakan api kembali hingga air mendidih. Matikan api kompor kembali dan diamkan lagi 15 menit. Setelah itu angkat ayam dan sisihkan. Air rebusan digunakan untuk masak nasi ayam.
  3. ✔️Racikan Bawang Putih : Goreng cincangan bawang putih dengan minyak sayur hingga keemasan. Pisahkan bawang putih goreng, dan ambil minyak bawangnya.
  4. ✔️Membuat Nasi Ayam : tumis jahe dengan minyak sayur hingga keluar aroma harum. Lalu masukkan bawang putih, aduk rata dan tumis terus hingga harum.
  5. Masukkan beras, saus tiram, kecap asin, garam, lada, minyak wijen (aduk rata, tapi jangan sampai gosong).
  6. Pindahkan ke rice cooker. Tambahkan air rebusan ayam sesuai takaran memasak nasi biasa. Kalau airnya kurang, tambahkan air biasa dan garam, aduk rata. Masak sampai matang di rice cooker. Setelah matang, hidangkan
  7. ✔️Finishing / Penyelesaian. Untuk ayam rebus : potong² (boleh juga daging dilepaskan dari semua tulangnya), taruh di piring saji.
  8. ✔️Guyur dengan campuran minyak untuk ayam rebus, yaitu : minyak bawang putih, minyak wijen dan kecap asin. Taburi ayam dengan bawang putih goreng, dan daun wansui (saya skip, ganti dengan rebusan pokchoy)
    Nasi Ayam Hainam1. Hidangkan ayam rebus bersama nasi hainam. Yummy dimakan selagi hangat.

Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak. Cari resep yang gak ribet dan cepat jadi, ini salah satunya 😄 Buat sahur atau buka puasa juga oke ini, krn sdh lengkap ada nasi dan ada ayamnya juga, sekali jalan membuatnya. #SiapRamadan #AhlinyaAyam #berburucelemekemas #Serbaserbiayam. Nasi Ayam Hainan @ Ipoh Hainan Chicken Rice. Yeayyyyyyyyy~ At last I can post The Best Halal Food in Ipoh which is my hometown~ Ahaha, after a long wait and struggling to finished the pending post plus the busy-ness of my daily schedule~huhu. Karena rasanya gurih, gurihnya itu karena kaldu ayam asli.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on