This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi ayam hainan, Enak

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Darrell Wright

Nasi ayam hainan
Nasi ayam hainan

Sedang mencari inspirasi resep nasi ayam hainan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam hainan, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi ayam hainan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi ayam hainan menggunakan 24 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi ayam hainan:
  1. Ambil Ayam rebus siram/pek cam ke:
  2. Siapkan 1 ekor ayam kampung utuh
  3. Gunakan 1 jeruk nipis
  4. Sediakan 4 bawang putih,cincang
  5. Sediakan 2 ruas jahe,cincang
  6. Gunakan Air secukupnya untuk merebus
  7. Sediakan Secukupnya garam,lada
  8. Siapkan Bahan tumisan beras :
  9. Gunakan 2 cup beras
  10. Gunakan 400 ml air rebusan ayam
  11. Siapkan 3 siung bawang putih,cincang
  12. Sediakan 1 cm jahe,cincang
  13. Sediakan 3 lembar daun pandan,ikat simpul
  14. Gunakan 2 batang serai ambil putihnya,memarkan
  15. Ambil 2 SDM minyak wijen
  16. Gunakan 2 SDM kecap asin
  17. Ambil Saus siraman:
  18. Gunakan 2 bawang putih,cincang halus
  19. Ambil 1 ruas jahe,cincang halus
  20. Sediakan Secukupnya kaldu rebusan ayam
  21. Ambil 1-2 SDM saus tiram
  22. Ambil 2 SDM minyak wijen
  23. Siapkan 2 SDM kecap asin
  24. Sediakan Secukupnya gula,garam,merica

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Cara menyiapkan Nasi ayam hainan:
  1. Buat ayam rebus siram dulu,cuci bersih ayam,baluri dengan jeruk nipis & garam biarkan 15 menit.masukkan semua bahan,masak hingga matang, angkat ayamnya,ayam bisa langsung disajikan bisa juga digoreng/dipanggang sesuai selera.
  2. Mbuat tumisan beras:tumis bawang putih,jahe,daun pandan,serai dengan minyak wijen sampai harum.masukkan dalam wadah rice cooker disusul beras,air rebusan ayam,& kecap asinnya.tunggu hingga matang.
  3. Membuat saus siraman:tumis bawang putih & jahe,angkat.
  4. Lalu masukkan semua bahan sisa aduk sampai rata.
  5. Bisa disajikan dengan taburan bawang putih cincang yg digoreng.. nikmat..
  6. Ini pertama kali buat, ayamnya langsung disajikan.

Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Hal ini membuat nasi ayam Hainan menjadi cepat populer dan familiar di lidah orang Indonesia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi ayam hainan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on