This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Hainan yang Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Andre Evans

Nasi Hainan
Nasi Hainan

Lagi mencari ide resep nasi hainan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi hainan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi hainan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi hainan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore. There are some Chinese restaurants in Indonesia that serve this dish.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi hainan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Hainan memakai 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Hainan:
  1. Gunakan 1 cup beras
  2. Sediakan 1/2 kg ayam fillet bagian dada
  3. Siapkan Secukupnya bawang goreng untuk taburan
  4. Gunakan Bumbu untuk nasi dan ayam :
  5. Ambil 1 ruas jahe, cincang kasar
  6. Siapkan 1 sdm lada putih halus
  7. Ambil 4 siung bawang putih, cincang
  8. Gunakan secukupnya kaldu jamur
  9. Sediakan 1 batang daun bawang, cincang kasar
  10. Sediakan 2 sdm olive oil
  11. Sediakan 1/4 sdm garam
  12. Siapkan 1/2 sdm gula pasir
  13. Ambil 1 sdm kecap asin
  14. Gunakan 2 sdm margarin (aku : skip)

KUAH: Panaskan kembali sisa kuah kaldu, masukan daun seledri. Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. nasi hainan nasi hainan singapore fuyunghai ayam szechuan ayam hainan Resep 'nasi hainan ricecooker' paling teruji. Nasi hainan adalah salah satu menu yang biasanya dapat dengan mudah ditemukan di restoran Chinese Food.

Cara menyiapkan Nasi Hainan:
  1. Masukkan ayam di panci, tambahkan air sampai ayam terendam air. Tambahkan semua bumbu. Rebus sampai ayam matang.
  2. Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan. Sisa kaldu jangan dibuang, ambil sedikit untuk kuah nasi hainan, dan sisanya untuk menanak nasi.
  3. Masak nasi seperti biasanya dengan menggunakan air kaldu.
  4. Jika nasi sudah matang, angkat dan tata dalam piring, siapkan ayam dan ambil sisa kaldu tadi taruh dalam mangkok, taburu nasi dan kuah dengan daun bawang dan bawang goreng.

Nasi ini bukan berasal dari provinsi Hainan di China, tapi dari Singapura. Ciri khas dari nasi hainan adalah rasanya yang gurih. Lihat juga resep Nasi Ayam Hainan Khas Singapore (Beras Coklat Organik) enak lainnya. Nasi hainan paling lezat dinikmati dengan ayam rebus. Kalau ingin menikmati santapan nasi hainan klasik ini, kamu bisa menikmatinya di Sanki!

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Hainan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on