This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli (Nasi Briyani) Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Luke Fowler

Nasi Kebuli (Nasi Briyani)
Nasi Kebuli (Nasi Briyani)

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli (nasi briyani) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli (nasi briyani) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli (nasi briyani), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi kebuli (nasi briyani) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Perbedaan nasi kebuli, briyani, kabsah, mandi, dan bukhori ternyata cukup banyak. Mulai dari rasa, cara pengolahan, dan warna. Nasi Arab (Timur Tengah) yang beragam ini memang memiliki ciri khas nya tersendiri, karena rempah yang digunakan berlimpah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi kebuli (nasi briyani) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Kebuli (Nasi Briyani) menggunakan 18 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Kebuli (Nasi Briyani):
  1. Siapkan 400 gr beras basmati
  2. Siapkan 1 kg iga (saya pake 500gr daging sapi)
  3. Sediakan Yougort plan/ santan kara
  4. Sediakan 7 bawang merah
  5. Siapkan 3 bawang putih
  6. Ambil Bawang bombay
  7. Ambil 1 tomat
  8. Ambil Sedikit jahe
  9. Gunakan 1 sdm Kunyit
  10. Gunakan 1 sdm cabe bubuk (bole skip)
  11. Gunakan 2 sdm bumbu kambing
  12. Siapkan 1 sdt jintan
  13. Ambil 3 lembar daun salam
  14. Sediakan 3 bintang2
  15. Gunakan 5 kapulaga
  16. Siapkan Kayu manis
  17. Ambil 5-7 cengkeh
  18. Sediakan Secukupnya garam

Nasi Kebuli, yaitu bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Nah itu dia sahabat perbedaan dari nasi kebuli dan nasi briyani. Nasi Kebuli, Briyani dan Bukhori : Apa Bedanya? Kita sering mendengar nasi briyani atau nasi kebuli.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli (Nasi Briyani):
  1. Siapkan bumbu2, iris tipis2 bawang merah dan bombay, tomat iris dadu, bawang putih dan jahe iris alus
  2. Rebus daging dan beri daun salam. Goreng bawang merah sampe emas kecoklatan angkat.
  3. Tumis bawang putih, jahe dan bombay sampe harum, masukan tomat, daging rebusan tadi lalu masukan semua bumbu2. Tumis sebentar masukan air (bisa pake air sisa rebusan daging). Masukan santan Aduk sampe daging masak, cek rasa untuk penambahan garam. (kalo pake yougort terakhir kalo dagingnya udah masak).
  4. Setelah bumbu sudah meresap ke daging, masukan beras yg sudah direndam minimal 1 jam. Letak diatas daging. Masukan air sejejar dengan beras, boleh lebih sedikit airnya tapi jgn kebanyakan ya. (tambah garam juga ya) Tambah bawang goreng diatasnya, tutup masak dengan api sedang selama 10 menit, kecilkan api diamkan selema 20 menit. Nasi briani siap dihidangkan

Bentuk nasinya panjang-panjang karena berasal dari beras basmati. Menurut wikipedia, nasi briyani adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras basmati) yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran atau daging (ayam, kambing. Menjual Nasi Kebuli, Briyani, Biryani, Mandhi, Kambing Mercon, Aneka Masakan Kambing & Paket Aqiqah - Menerima Pengiriman untuk Wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, dan sekitarnya Menjual Nasi Kebuli, Briyani, Biryani, Mandhi, Kambing Mercon, Aneka Masakan Kambing & Paket Aqiqah - Menerima Pengiriman untuk Wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, dan sekitarnya Nasi Kebuli Nasi ini dibuat dari beras basmati bersama kaldu daging kambing, susu kambing, minyak samin, dan beragam rempah seperti kayu manis, cengkeh, pala, dan kapulaga. Bumbu halus, rempah dan daging dimasak bersama, lalu ditambahkan ke nasi setengah masak yang telah diaduk rata bersama santan hingga mengering. Nasi kebuli terpengaruh budaya Timur Tengah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Kebuli (Nasi Briyani) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on