This page looks best with JavaScript enabled

Resep Ayam dan nasi hainan yang Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Madge Schultz

Ayam dan nasi hainan
Ayam dan nasi hainan

Lagi mencari ide resep ayam dan nasi hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam dan nasi hainan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam dan nasi hainan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam dan nasi hainan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam dan nasi hainan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam dan nasi hainan memakai 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ayam dan nasi hainan:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam boiler
  2. Ambil 250 gr beras
  3. Sediakan 3 ruas jahe
  4. Sediakan Segenggam daun prei
  5. Sediakan 1 batang coriander
  6. Siapkan 2 sdm bawang putih goreng
  7. Gunakan 1 mentimun
  8. Ambil 4 sdt garam
  9. Sediakan 1 sdt gula
  10. Sediakan 2 sdt totole
  11. Gunakan 5 sdm minyak wijen
  12. Gunakan 2 sdm soya sauce

Banyak kekeliruan yang saya tengok, bila ayam Nasi Ayam Hainan juga digoreng. Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua.

Cara membuat Ayam dan nasi hainan:
  1. Bersihkan ayam kemudian rebus ke dalam air mendidih selama kurang lebih 45 menit, dan masukkan jahe yang sudah d geprek dan daun prei yang diikat dsn masukkan juga garam, gula dsn totole nya.
  2. Jika ayam sudah matang tiriskan dan lumuri dengan soya sause dan minyak wijen.
  3. Masak nasi dengan menggunakan rebusan ayam tadi dengan megic com.
  4. Jika nasi sudah matang, sajikan bersama ayam, coriander, timun dan taburi bawang putih goreng.

Didihkan air, masukkan sisa bumbu ke dalam air. Pergi sahaja kemana pun, menu nasi ayam sudah pasti menjadi pilihan tidak kira untuk orang dewasa mahupun kanak-kanak. Terdapat pelbagai pilihan seperti nasi ayam bakar, nasi ayam goreng sehingga ke nasi ayam hainan ala Chinese Style, menu ini sangat sesuai dimakan tidak kira waktu. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam dan nasi hainan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on