This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi goreng rice cooker yang Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Louis Klein

Nasi goreng rice cooker
Nasi goreng rice cooker

Sedang mencari ide resep nasi goreng rice cooker yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi goreng rice cooker yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Masukkan beras ke dalam rice cooker, tuang air secukupnya dan tutup. Saat rice cooker mulai mengeluarkan asap (belum matang), buka dan masukkan sebungkus bumbu nasi goreng instan. Tambahkan bahan pelengkap seperti sosis dan sedikit garam.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi goreng rice cooker, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi goreng rice cooker enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi goreng rice cooker yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi goreng rice cooker menggunakan 6 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi goreng rice cooker:
  1. Ambil 200 gr beras cuci bersih (-+ 1, 1/4 cup)
  2. Siapkan 1 bungkus bumbu nasi goreng instan (merk sesuai selera)
  3. Siapkan 1 bungkus sosis siap makan
  4. Ambil 1 butir telur didadar sebagai topping
  5. Siapkan 2 sdm minyak sawit/kelapa/zaitun dll
  6. Ambil 1 btg daun bawang

Kalau mau hemat gas dan praktis, kamu bisa membuat nasi goreng menggunakan rice cooker. Semua bahan nasi goreng termasuk minyak sayur cukup masukkan ke dalam rice cooker, masak sampai matang. Nasi goreng is distinguished from other Asian fried rice recipes by its generous amount of Kecap Manis (sweet soy sauce), and the taste is stronger and spicier compared to Chinese fried rice. Nasi goreng often includes Krupuk and bawang goreng (fried shallots) or (fried onions) to give a crispier texture.

Langkah-langkah membuat Nasi goreng rice cooker:
  1. Siapkan bahan-bahan. Bumbu nasi goreng, beras yang sudah dicuci taruh diwadah rice cooker. Jangan lupa siapkan topping telur (bisa ayam suwir, acar, sayuran, kerupuk sesuai selera).
  2. Tambahkan air kira kira 1/4 ruas jari telunjuk (biasanya kita tambahkan air seperti menanak nasi). Masukan sosis, daun bawang,minyak, bumbu nasi goreng instan aduk merata (saya menambahkan cabe agar terasa pedasnya 😄)
  3. Letakan wadah penanak nasi pada rice cooker kemudian tekan tombol "cook" pada rice cooker untuk mulai memasak nasi, tunggu hingga lampu indikator berganti berubah ke "warm".
  4. Setelah lampu indikator "warm", buka rice cooker aduk-aduk kembali agar bumbu tercampur rata. Koreksi rasa jika dirasa kurang bisa ditambahkan garam/kaldu jamur (penambahan sesuai selera tidak ditambahpun sudah lezat)
  5. Untuk memastikan matang tutup rice cooker dan tekan tombol "cook". Prosesnya sebentar, tunggu hingga indikator lampu ke "warm". Nasi goreng sudah siap di hidangkan.

Masukkan dalam rice cooker, tuang air secukupnya dan tutup. Saat rice cooker mulai mengeluarkan asap (belum matang), buka rice cooker lalu masukkan sebungkus bumbu nasi goreng instan. Tambahkan bahan pelengkap lainnya seperti sosis, bakso, daging, sayuran, dan sedikit garam. Selain menanak nasi putih, rice cooker ini juga bisa memasak nasi sushi sampai berhasil. Bahkan, bisa juga dibuat untuk masak nasi goreng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi goreng rice cooker yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on