This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Ayam Hainan, Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Virginia Adams

Nasi Ayam Hainan
Nasi Ayam Hainan

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam hainan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi ayam hainan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Hainan menggunakan 13 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Ayam Hainan:
  1. Ambil Bahan Ayam:
  2. Sediakan 500 gr ayam bagian paha
  3. Sediakan 3 .cm jahe
  4. Sediakan 3 siung bawang putih
  5. Sediakan Secukupnya garam
  6. Siapkan 1 batang daun bawang, potong2
  7. Gunakan 2 lt air untuk merebus
  8. Sediakan Bahan untuk Nasi:
  9. Gunakan 2 cup beras
  10. Sediakan 1 sdm minyak ayam bersama bawangnya
  11. Ambil 1 sdt minyak wijen
  12. Gunakan 1 lembar daun pandan, simpulkan
  13. Sediakan Secukupnya air kuah kaldu bekas merebus ayam

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Cara menyiapkan Nasi Ayam Hainan:
  1. Memasak Ayam: - Cuci bersih ayam, lumuri air perasan jeruk nipis, siamkan 15 menit, cuci bersih kembali, lalu didihkan air, masukkan ayam dan bumbu2, masak sampai ayam matang dan empuk, angkat ayam, sisihkan kuah kaldunya.
  2. Memasak nasi: - Cuci bersih beras, tuang dalam magiccom, tambahkan daun pandan dan air kaldu bekas merebus ayam, banyaknya air kaldu seperti kita mau masak nasi biasa, masak nasi sampai matang, aduk rata setelah nasi matang.
  3. Penyajian: - Siapkan piring saji, tuang nasi dalam piring,(cetak pakai mangkuk kecil) tambahkan ayam dan kuah kaldu dimangkuk terpisah.

Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on