This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Hainan Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Gabriel Simon

Nasi Hainan
Nasi Hainan

Lagi mencari inspirasi resep nasi hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi hainan yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China. It is very popular in Singapore and Malaysia and considered as the national dish of Singapore. There are some Chinese restaurants in Indonesia that serve this dish.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi hainan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi hainan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi hainan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Hainan menggunakan 29 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Hainan:
  1. Sediakan 3 cup beras (cuci, rendam min 30 menit-1 jam)
  2. Sediakan 3 cup air kaldu
  3. Siapkan 3-5 bawang merah cincang
  4. Siapkan 5 buah bawang putih cincang
  5. Sediakan 1 ruas jahe cincang (me: iris, geprek)
  6. Ambil 25 ml minyak wijen
  7. Gunakan Seasoning : kaldu jamur, garam
  8. Siapkan Bumbu marinasi ayam
  9. Siapkan 1 sdm minyak wijen
  10. Sediakan 1 sdt merica
  11. Gunakan 1 sdm kaldu jamur
  12. Ambil 1 sdt garam
  13. Ambil 2 sdm saus tiram
  14. Gunakan Scallion oil (minyak bawang)
  15. Gunakan 1 sdm bawang putih cincang goreng
  16. Ambil 2 batang daun bawang cincang
  17. Sediakan 2 sdm saus tiram
  18. Ambil 1 sdm minyak wijen
  19. Gunakan 1 iris jahe geprek
  20. Gunakan 30 ml Minyak panas
  21. Siapkan Sambal
  22. Sediakan 8 buah cabe merah keriting
  23. Siapkan 8 buah cabe rawit merah
  24. Siapkan 5 buah bawang putih
  25. Gunakan 2 ruas jahe
  26. Siapkan Minyak goreng
  27. Siapkan Minyak wijen
  28. Ambil 1/2 sdm cuka
  29. Ambil Seasoning : garam, gula, kaldu jamur

Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. nasi hainan nasi hainan singapore fuyunghai ayam szechuan ayam hainan Resep 'nasi hainan ricecooker' paling teruji. Nasi hainan adalah salah satu menu yang biasanya dapat dengan mudah ditemukan di restoran Chinese Food. Nasi ini bukan berasal dari provinsi Hainan di China, tapi dari Singapura. Ciri khas dari nasi hainan adalah rasanya yang gurih.

Cara membuat Nasi Hainan:
  1. Cuci beras lalu rendam di dalam air selama 30menit-1 jam.
  2. Marinasi ayam dengan semua bumbu.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe dengan minyak wijen sampai harum dan layu. (Jangan sampai terlalu kering)
  4. Jika sudah 30 menit-1 jam ayam sudah dimarinasi & beras sudah di rendam, buang air rendaman beras. Lalu masukkan tumisan bawang & jahe ke dalam beras. Tambahkan air kaldu, seasoning. Cicipi hingga rasa nya sudah gurih, lalu masukkan ayam diatas nya. Masak nasi hainan di dalam rice cooker.
  5. Minyak daun bawang: - Cincang daun bawang, tuang ke dalam wadah, tambahkan bawang putih goreng, saus tiram, minyak wijen dan merica. - Panaskan minyak lalu siram ke dalam campuran daun bawang.
  6. Sambal : Blender semua bahan, tumis hingga hampir kering, tambahkan air, cuka, dan seasoning.
  7. Tambahan Kaldu : Tumis bawang putih tanpa dikupas (geprek) + daun bawang yang bagian putih. Masukkan di kuah kaldu. (Saya suka stock kaldu dari ceker/tulang ayam)
  8. Ketika nasi sudah matang, kalau saya dan keluarga karena kurang suka ayam yang masih lembek, jadi saya panggang di oven sebentar (ditambahkan saus tiram& minyak wijen) hingga golden brown.
  9. Tata nasi hainan di piring, potong-potong ayam yang sudah di oven. Siram dengan minyak daun bawang. - Sajikan dengan kuah kaldu dan sambal.

Hidangan nasi hainan ini disajikan dengan ayam lembut yang rasanya lezat. Sedapnya Nasi Ayam Hainan perkongsian Cikgu Afy Al Habibi ni. Rupanya tak sukar pun nak sediakan hidangan ini secara homemade. Lihatlah hasilnya, Nampak sedap dan macam sajian yang dibeli di restoran kan? Nasi hainan paling lezat dinikmati dengan ayam rebus.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi hainan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on