This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Ayam Hainan Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Etta Bishop

Nasi Ayam Hainan
Nasi Ayam Hainan

Lagi mencari inspirasi resep nasi ayam hainan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi ayam hainan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi ayam hainan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi ayam hainan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Ayam Hainan memakai 19 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Ayam Hainan:
  1. Gunakan 400 gr ayam bagian dada/paha. (bisa pakai ayam fillet)
  2. Gunakan 1 sdt kecap asin
  3. Siapkan 3 iris jahe
  4. Gunakan 2 daun bawang, iris
  5. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk
  6. Ambil Garam
  7. Gunakan Bahan Nasi :
  8. Ambil 1 cup beras (200 gr beras)
  9. Sediakan 400 ml kaldu (dr rebusan ayam)
  10. Ambil 1 sdt jahe parut
  11. Gunakan 1 sdm minyak wijen
  12. Siapkan 1 sdm kecap asin (aku pakai kecap asin rasa jamur)
  13. Siapkan 1 sdt saus tiram
  14. Gunakan 1/2 sdt merica
  15. Ambil 1 daun pandan, simpul
  16. Sediakan 1/2 sdt gula & secukupnya garam
  17. Ambil Bahan Minyak :
  18. Ambil 6 siung bawang putih, cincang halus
  19. Gunakan 150-200 ml minyak goreng

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Ayam Hainan:
  1. Buat minyak bawang, dg panaskan minyak lalu masukkan bawang putih. Pakai api kecil, masak sampai bawang kecokelatan.
  2. Didihkan seliter air. Masukkan semua bahan ayam & 1 sdm minyak bawang, rebus selama 15 menit. Cek rasa. *jika ada tulang ayam, bs ditambahkan untuk rebusan kaldu. Tiriskan ayam.
  3. Masukkan semua bahan nasi ke dlm rice cooker. Sesuaikan banyaknya kaldu dg karakter beras yg dipakai. Aduk rata, koreksi rasa. Taruh rebusan ayam di atasnya. Masak sampai matang. Jgn lupa aduk nasi setelah matang.
  4. Sajikan nasi, irisan ayam yg disiram minyak bawang putih, & sisa kaldu. - Happy cooking ❤❤

Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on