This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi ayam hainan Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Alex Caldwell

Nasi ayam hainan
Nasi ayam hainan

Anda sedang mencari ide resep nasi ayam hainan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi ayam hainan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sebenarnya sudah lama saya ingin cuba memasak Nasi Ayam Hainan walaupun ianya bukan lah Nasi Ayam kegemaran saya. Tapi semangat nak mencuba sendiri sangat membara walaupun terpaksa menangguhkannya dari masa ke semasa sehingga lah pada hari ini, bila terbaca posting rakan fb saya TeeaRa Yatie yang memasak Nasi Ayam Hainan. Nasi Ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice) was originally from Hainan in China.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi ayam hainan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi ayam hainan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi ayam hainan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi ayam hainan memakai 8 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi ayam hainan:
  1. Ambil 1 ekor ayam
  2. Ambil 8 siung Bawang putih
  3. Ambil 2 sdm Minyak wijen
  4. Gunakan 2 sdm saus tiram
  5. Ambil 2 sdm kecap asin
  6. Gunakan 2 centong nasi matang
  7. Siapkan 2 sdm Bawang putih bubuk
  8. Ambil 1 sdm Lada bubuk

Untuk menikmatinya, hidangkan bersama nasi, ayam Hainan dan juga sup. Kredit resipi & foto: Afy Al Habibi. Masak je Nasi Ayam Hainan ni guna RICE COOKER. Nak lebih banyak resipi yang mudah, sedap & cepat masak, boleh cuba resipi di bawah ni: Resipi Lempeng Legend.

Langkah-langkah membuat Nasi ayam hainan:
  1. Cuci bersih ayam lalu potong menjadi 4, lumuri seluruh bagian ayam dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Lalu rebus ayam sampai keruh lalu saring dan buang airnya. Kemudian rebus ayam dengan air matang, garam 1/2 sdm dan bawang putih cincang sampai ayam terendam sampai mendidih, tutup lalu matikan api dan diamkan selama 15 menit. - Setelah itu, rebus kembali sampai mendidih, lalu matikan api dan diamkan lagi selama 15 menit. Angkat ayam rebus, lalu pisahkan air rebusan kaldu ayam.
  2. Masukan nasi matang ke dalam wadah, masukan air rebusan kaldu ayam sampai nasi terendam, lalu taburkan bawang putih bubuk, lada bubuk, saus tiram, kecap asin, minyak wijen lalu aduk rata. Siapkan magic com, lalu masukan ke dalamnya dan dimasak sampai matang. Kemudian ayam dilumuri dengan minyak wijen, kecap asin dan minyak bawang putih.
  3. Nasi hainan disajikan dengan bawang goreng diatasnya dilengkapi dengan ayam rebus. Apabila suka, air rebusan kaldu ayam dapat dijadikan kuah.

Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Pilihlah ayam negeri yang benar-benar segar, besar, gemuk, dan cukup tua. Terbukti nasi ayam hainan ala-cina ini memang betul-betul sedap dan istimewa. Saya ingin menamakan resepi nasi ayam Hainan ini sebagai Nasi Ayam Hainan Azie Kitchen sebagai memudahkan rujukan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi ayam hainan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on